Kebudayaan Jepang yang Masih Ada di Indonesia

Elvina Rahimah

Kebudayaan Jepang telah merasuk ke berbagai aspek kehidupan di Indonesia, baik melalui arus pariwisata, pop culture, maupun pengaruh dari diaspora Jepang di tanah air. Di bawah ini, kita akan melihat beberapa aspek kebudayaan Jepang yang masih dapat ditemui di Indonesia.

1. Makanan Jepang

Makanan Jepang telah menjadi salah satu favorit di masyarakat Indonesia. Restoran sushi, ramen, dan tempura bisa ditemukan di hampir setiap kota besar di Indonesia. Toko-toko bahan makanan Jepang pun tidak sulit ditemukan, memungkinkan masyarakat Indonesia untuk memasak makanan Jepang di rumah mereka sendiri.

2. Bunga Sakura

Bunga Sakura atau ceri merah merupakan simbol keindahan musim semi di Jepang. Di Indonesia, beberapa tempat juga menanam pohon Sakura yang mekar pada musim semi, seperti di Taman Safari Bogor, Yogyakarta, dan beberapa taman kota lainnya. Hal ini memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk merasakan keindahan dan tradisi bunga Sakura tanpa perlu pergi ke Jepang.

3. Bahasa Jepang

Banyak orang Indonesia yang tertarik mempelajari bahasa Jepang. Sekolah-sekolah bahasa Jepang dan program belajar bahasa Jepang semakin banyak bermunculan di Indonesia. Selain itu, tidak sedikit orang Indonesia yang memiliki nama Jepang atau menggunakan kata-kata Jepang dalam percakapan sehari-hari.

4. Anime dan Manga

Anime dan manga Jepang memiliki penggemar yang cukup besar di Indonesia. Banyak acara dan festival Anime yang diadakan di Indonesia, seperti [anime festival name] atau komiket dalam skala lebih kecil. Di samping itu, toko-toko yang menjual merchandise anime dan manga juga semakin banyak di berbagai kota di Indonesia.

BACA JUGA:   Pentingnya Mempertahankan Kebudayaan Indonesia oleh Generasi Muda

5. Budaya Kotak Obat

Budaya kotak obat atau takarabako adalah tradisi dalam masyarakat Jepang yang menggambarkan pentingnya kesehatan dan merawat tubuh. Di Indonesia, budaya ini juga telah merambah dengan munculnya toko-toko obat tradisional dan spa Jepang, yang menawarkan pijat, onsen, dan perawatan tubuh ala Jepang.

6. Traditional Crafts

Keterampilan dan kerajinan tangan tradisional Jepang juga masih dapat ditemui di Indonesia. Contohnya adalah kerajinan Origami, Kendama, dan Koi Nobori. Beberapa toko kerajinan di Indonesia juga menjual produk-produk kerajinan tangan Jepang yang diproduksi langsung oleh pengrajin dari Jepang.

7. Festival Budaya Jepang

Setiap tahun, festival budaya Jepang diadakan di berbagai kota di Indonesia. Festival ini memungkinkan masyarakat Indonesia untuk merasakan suasana Jepang melalui tarian tradisional, kembang api, makanan dan minuman, serta kegiatan lainnya yang mencerminkan budaya Jepang.

8. Budaya Melosong

Melosong adalah tradisi memasuki tahun baru dengan membuka pintu depan rumah pada tengah malam agar roh-roh jahat pergi meninggalkan rumah. Meskipun terdengar seperti tradisi Tionghoa, melosong juga mempengaruhi tradisi Tahun Baru Jepang, yang juga dilakukan di beberapa lokasi di Indonesia yang memiliki komunitas Jepang yang kuat.

9. Pakaian Tradisional Jepang

Pakaian tradisional Jepang seperti kimono dan yukata juga populer di Indonesia. Banyak orang Indonesia yang menggunakan kimono atau yukata sebagai kostum dalam festival atau acara tertentu. Bahkan, beberapa toko pakaian di Indonesia juga menjual kimono dan yukata untuk publik.

Kesimpulan

Kebudayaan Jepang memiliki pengaruh yang signifikan di Indonesia. Dari makanan Jepang yang populer hingga cosplay anime, pengaruh Jepang dapat ditemukan dalam banyak aspek kehidupan. Hal ini menunjukkan betapa dekatnya hubungan antara dua negara tersebut.

Also Read

Bagikan: