Kebudayaan Indonesia yang Telah Mendapat Pengakuan dari UNESCO

Elvina Rahimah

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang luar biasa, seperti yang tercermin dalam banyaknya warisan budaya yang telah diakui dan dilindungi oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization). Berbagai elemen budaya dari nusantara telah diberikan pengakuan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.

Berikut adalah beberapa contoh kebudayaan Indonesia yang telah mendapat pengakuan dari UNESCO:

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur, yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, merupakan salah satu situs Budaya Dunia yang paling terkenal di Indonesia. Dibangun pada abad ke-8 oleh Dinasti Syailendra, candi ini merupakan monumen Buddha terbesar di dunia. Borobudur diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Dunia pada tahun 1991.

2. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo, yang terletak di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu tempat tinggal terakhir dari komodo, hewan purba yang menjadi ikon Indonesia. Pada tahun 1991, UNESCO mengakui Taman Nasional Komodo sebagai Situs Warisan Dunia Alam, dengan tujuan utama untuk melindungi dan mempertahankan keanekaragaman hayati dan ekosistem pulau yang unik.

3. Tari Saman

Tari Saman adalah tarian tradisional yang berasal dari Aceh, Sumatera Utara. Tarian ini ditampilkan oleh sekelompok penari yang duduk berbaris dan melakukan gerakan yang kompleks, disertai dengan nyanyian dan irama alat musik tradisional. Tari Saman diakui oleh UNESCO sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia pada tahun 2011.

4. Wayang

Wayang adalah seni pertunjukan tradisional Indonesia yang menggunakan boneka kayu atau kulit untuk menceritakan mitos dan cerita tradisional. Wayang termasuk dalam daftar Representatif Warisan Budaya Takbenda Manusia oleh UNESCO sejak tahun 2008. Seni wayang tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga diakui sebagai warisan dunia yang penting.

BACA JUGA:   Kebudayaan Abris Sous Roche dan Kebudayaan Kjokkenmoddinger pada Masa Praaksara

5. Banda Neira

Banda Neira adalah kota bersejarah yang terletak di Kepulauan Banda, Maluku. Kota ini merupakan pusat perkebunan pala dan menjadi salah satu pusat perdagangan rempah-rempah pada abad ke-16. UNESCO mengakui Banda Neira sebagai Warisan Dunia pada tahun 2017, menghargai nilai sejarah dan kekayaan alam yang dimiliki oleh wilayah ini.

6. Kesenian Wayang Kulit

Wayang Kulit adalah seni pertunjukan tradisional dalam budaya Indonesia yang melibatkan bayangan-bayangan boneka kulit yang diproyeksikan di layar putih. Pertunjukan Wayang Kulit diprakarsai oleh seorang dalang yang mengendalikan karakter-karakter dalam cerita epik seperti Mahabharata atau Ramayana. Kesenian Wayang Kulit diakui sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia oleh UNESCO pada tahun 2003.

Itulah beberapa contoh kebudayaan Indonesia yang telah mendapat pengakuan dari UNESCO. Pengakuan ini memperkuat nilai dan pentingnya keberagaman budaya Indonesia dalam kancah global serta mengingatkan kita akan pentingnya melestarikan dan mempromosikan kebudayaan bangsa.

Also Read

Bagikan: