Kebudayaan Indonesia yang Diklaim oleh Negara Lain

Padma Astuti

Indonesia memiliki keberagaman budaya yang kaya dan unik. Setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan sendiri yang beragam, termasuk adat istiadat, bahasa, tarian, musik, seni, arsitektur, dan lain sebagainya. Namun, ada beberapa kebudayaan Indonesia yang diklaim oleh negara lain. Mari kita lihat lebih detail tentang hal ini.

1. Batik Indonesia

Batik adalah salah satu kebudayaan Indonesia yang paling terkenal dan sering diklaim oleh negara lain. Batik Indonesia diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda Manusia pada tahun 2009. Batik merupakan seni membatik kain menggunakan pewarna alami atau zat kimia tertentu. Namun, beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, dan India juga mengklaim memiliki budaya batik mereka sendiri, meskipun memiliki perbedaan dalam motif, teknik, dan sejarah.

2. Tari Pendet

Tari Pendet adalah tarian tradisional Bali yang biasanya dipentaskan dalam upacara adat atau keagamaan. Tari ini terdiri dari gerakan-gerakan yang lembut dan indah, serta diiringi oleh gamelan Bali. Namun, pada tahun 2010, pemerintah Malaysia memperkenalkan sebuah tarian yang disebut "Tari Pendet Malaysia" yang mirip dengan Tari Pendet asli Indonesia. Hal ini menimbulkan kontroversi diantara budayawan Indonesia karena pengklaiman tersebut dianggap sebagai bentuk penipuan budaya.

3. Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional dari Jawa Barat yang terbuat dari bambu. Alat musik ini dimainkan dengan cara digoyangkan dan menghasilkan bunyi yang indah. Pada tahun 2010, UNESCO mengakui angklung sebagai Warisan Budaya Tak Benda Manusia. Namun, angklung juga diklaim oleh beberapa negara seperti Malaysia dan Thailand, yang mengatakan bahwa mereka memiliki instrumen serupa dengan nama yang berbeda.

BACA JUGA:   Inkulturasi dalam Kebudayaan Bangsa Indonesia

4. Bajidoran

Bajidoran adalah musik tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Sunda, Jawa Barat. Pada tahun 2013, pemerintah Malaysia mengklaim musik bajidoran sebagai budaya mereka sendiri. Bajidoran Malaysia dikatakan mirip dengan musik jalanan Sunda yang diiringi oleh alat musik seperti kendang, suling, dan gong.

5. Cendrawasih

Cendrawasih adalah burung langka yang terdapat di Papua. Cendrawasih merupakan simbol keindahan dan keunikan alam Indonesia. Namun, pada tahun 1985, cendrawasih Papua dijadikan lambang negara Papua Nugini. Hal ini saat itu menimbulkan protes dari pemerintah Indonesia karena cendrawasih merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang diklaim oleh negara lain.

Kesimpulannya, ada beberapa kebudayaan Indonesia yang diklaim oleh negara lain. Fenomena ini menunjukkan bahwa kebudayaan Indonesia memiliki daya tarik yang begitu besar sehingga menarik perhatian dari negara lain. Namun, sebagai bangsa Indonesia, kita harus terus menjaga dan melestarikan kekayaan budaya kita sehingga dapat diakui dan dihargai oleh dunia internasional.

Also Read

Bagikan: