Kebudayaan Dongsong dan Peninggalannya

Ella Winarsih

Dongsong merupakan nama dari sebuah kebudayaan kuno di Korea yang berkembang pada masa Neolitikum Awal, sekitar 3000-1500 SM. Kebudayaan ini banyak meninggalkan peninggalan-peninggalan bersejarah yang memberikan kita pemahaman mendalam tentang kehidupan mereka pada masa itu. Beberapa hasil peninggalan dari kebudayaan Dongsong include:

1. Sistem Bertani

Salah satu peninggalan yang paling penting dari kebudayaan Dongsong adalah sistem pertanian yang maju. Mereka menggunakan alat-alat pertanian seperti bajak dan cangkul untuk membajak tanah dan menanam padi. Mereka juga memiliki sistem irigasi yang canggih untuk mengairi sawah mereka. Dengan demikian, mereka berhasil menciptakan pertanian berkelanjutan yang memungkinkan mereka untuk menghasilkan makanan dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka.

2. Kerajinan Perunggu

Dongsong juga terkenal dengan produksi kerajinan perunggu yang halus. Mereka menghasilkan berbagai macam peralatan dan senjata dari perunggu, seperti alat-alat pertanian, senjata, dan peralatan rumah tangga. Teknik pengecoran perunggu yang dikembangkan oleh mereka sangat maju untuk masanya, dan hasil kerajinan mereka sangat halus dan indah.

3. Penguburan Megalitik

Peninggalan lain dari kebudayaan Dongsong adalah situs penguburan megalitik. Mereka membangun makam batu besar, yang disebut dolmen, untuk menguburkan orang yang meninggal. Dolmen-dolmen ini dibuat dengan mengatur batu-batu besar secara vertikal dan mendukung batu penutup di atasnya. Dolmen-dolmen ini menunjukkan keahlian teknik dan simbolis dari kebudayaan Dongsong, serta memperlihatkan sistem kepercayaan dan praktik ritual mereka terkait dengan kematian.

4. Seni dan Arsitektur

Kebudayaan Dongsong juga meninggalkan peninggalan dalam seni dan arsitektur mereka. Mereka membuat ukiran-ukiran indah pada peralatan dan senjata mereka. Seni ukir mereka sangat detil dan menunjukkan keahlian tinggi dalam mengolah bahan perunggu. Selain itu, mereka juga membangun rumah-rumah dengan atap jerami dan dinding-dinding kayu. Arsitektur mereka mencerminkan gaya hidup dan kebiasaan sosial mereka.

BACA JUGA:   Kebudayaan Non-Benda di Kalimantan Selatan

5. Peralatan dan Alat-alat

Tidak kalah pentingnya, kebudayaan Dongsong juga meninggalkan banyak peralatan dan alat-alat yang mewakili kemampuan teknologi maju mereka. Mereka membuat pisau batu, alat-alat pemintal benang, alat-alat pemotong kayu, dan berbagai jenis alat lainnya. Peninggalan ini menunjukkan bahwa kebudayaan Dongsong memiliki pengetahuan yang luas dalam pengolahan bahan dan pengembangan alat-alat.

Secara keseluruhan, kebudayaan Dongsong sangat berpengaruh dan meninggalkan banyak peninggalan bersejarah yang memberikan wawasan tentang kehidupan mereka pada masa itu. Penemuan-penemuan ini membantu kita memahami perkembangan peradaban manusia dan memberikan bukti tentang bagaimana kehidupan sosial, ekonomi, dan agama mereka terorganisir. Keberlanjutan pertanian, kemajuan teknologi, keahlian seni, dan praktik keagamaan mereka merupakan warisan yang berharga dari kebudayaan Dongsong.

Also Read

Bagikan: