Kebudayaan Dongson yang Dapat Ditemui pada Peninggalan Sejarah

Elvina Rahimah

Peninggalan sejarah Dongson adalah saksi bisu dari kebudayaan kuno yang pernah ada di wilayah Asia Tenggara. Kebudayaan Dongson, yang berasal dari Vietnam Utara sekitar 1000 SM hingga 300 M, dapat ditemui pada peninggalan sejarah seperti benda-benda kuno, seni, arsitektur, dan ritual yang diwariskan oleh peradaban ini. Berikut adalah beberapa contoh peninggalan sejarah yang mengungkapkan kebudayaan Dongson:

  1. Dongson Drums (Gendang Dongson):

Salah satu peninggalan paling terkenal dari kebudayaan Dongson adalah gendang-gendang besar yang disebut "Dongson Drums". Gendang-gendang ini terbuat dari tembaga dengan hiasan yang rumit dan menggambarkan berbagai adegan yang mencerminkan kehidupan masyarakat Dongson pada masa tersebut. Gendang-gendang ini memiliki peran penting dalam upacara dan ritual keagamaan, serta digunakan untuk mengiringi musik dan tarian.

  1. Manik-Manik dan Perhiasan:

Peninggalan sejarah Dongson juga termasuk manik-manik dan perhiasan yang terbuat dari berbagai material seperti batu, tulang, dan keramik. Perhiasan ini diduga digunakan sebagai lambang status sosial dan keindahan pada zaman itu. Beberapa manik-manik dan perhiasan tersebut memiliki desain dan motif yang rumit, seperti alat musik, binatang, dan simbol-simbol kehidupan yang menggambarkan kepercayaan dan budaya masyarakat Dongson.

  1. Arsitektur Megalitik:

Kebudayaan Dongson memiliki keahlian dalam membangun struktur megalitik yang dapat ditemui pada peninggalan sejarah seperti dolmen dan menhir. Dolmen adalah struktur batu yang terdiri dari batu horizontal yang didukung oleh batu vertikal, sedangkan menhir adalah batu tunggal yang berdiri tegak. Selain fungsi sebagai penanda atau tanda monumental, dolmen dan menhir juga mungkin digunakan dalam ritual keagamaan atau sebagai tempat pemakaman.

  1. Seni Relief:

Seni relief pada peninggalan Dongson menggambarkan berbagai adegan seperti pertanian, perang, dan kehidupan sehari-hari. Relief ini biasanya diukir pada benda-benda seperti perisai, peralatan pertanian, dan wadah-wadah seperti guci. Melalui seni ini, kita dapat memahami kehidupan masyarakat Dongson pada masa itu dan nilai-nilai yang mereka anut.

  1. Ukiran pada Batu Nisan:
BACA JUGA:   Kebudayaan adalah Kebiasaan yang Dilakukan Berulang-Ulang pada Waktu

Peninggalan sejarah Dongson juga dapat ditemui pada ukiran-ukiran yang ada pada batu nisan. Batu nisan tersebut biasanya diukir dengan simbol-simbol keagamaan, tokoh-tokoh penting dalam masyarakat Dongson, dan adegan kehidupan seperti pertanian, perburuan, dan pertempuran. Melalui ukiran ini, kita dapat memahami sistem kepercayaan dan praktik ritual yang dijalankan oleh masyarakat Dongson.

Peninggalan sejarah yang mengungkapkan kebudayaan Dongson adalah bukti penting dari peradaban kuno di Asia Tenggara. Melalui penggalian dan penelitian terhadap peninggalan ini, kita dapat memahami lebih dalam tentang kehidupan, kepercayaan, dan sistem sosial masyarakat Dongson pada masa tersebut.

Also Read

Bagikan: