Kebudayaan Asli Indonesia yang Terukir di Candi Borobudur

Ella Winarsih

Candi Borobudur tidak hanya merupakan mahakarya arsitektur dunia tetapi juga cerminan dari kebudayaan asli Indonesia. Dalam setiap batu dan reliefnya, candi ini menyimpan cerita tentang kehidupan, kepercayaan, dan kearifan lokal yang telah ada sejak zaman dahulu.

Sejarah dan Pembangunan Candi Borobudur

Candi Borobudur dibangun pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra di Jawa Tengah. Pembangunannya dimulai pada abad ke-8 Masehi dan selesai pada awal abad ke-9 Masehi. Candi ini didirikan sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha dan sebagai pusat ziarah.

Arsitektur Punden Berundak

Konsep punden berundak adalah ciri khas dari kebudayaan asli Indonesia. Candi Borobudur dibangun dengan mengikuti konsep ini, yang terdiri dari beberapa tingkatan yang menunjukkan jenjang spiritual dari manusia.

Relief dan Makna Filosofis

Relief Candi Borobudur menggambarkan berbagai aspek kehidupan, mulai dari ajaran Buddha hingga kegiatan sehari-hari masyarakat Jawa kuno. Setiap relief memiliki cerita dan makna filosofis yang mendalam.

Stupa dan Simbolisme Agama Buddha

Stupa di Candi Borobudur merupakan simbol dari ajaran Buddha. Stupa utama yang besar melambangkan pencerahan, dikelilingi oleh stupa-stupa kecil yang masing-masing mengandung arca Buddha.

Akulturasi Budaya dan Pengaruh Hindu-Buddha

Candi Borobudur adalah hasil akulturasi budaya yang menunjukkan pengaruh Hindu-Buddha yang kuat. Namun, kebudayaan asli Indonesia tetap terjaga melalui bentuk-bentuk arsitektur dan elemen desain yang unik.

Candi Borobudur sebagai Warisan Dunia

UNESCO mengakui Candi Borobudur sebagai Warisan Dunia karena nilai historis, keunikan arsitektur, dan sebagai bukti akulturasi budaya yang berhasil.

BACA JUGA:   Abris Sous Roche: Peninggalan Kebudayaan

Candi Borobudur adalah simbol dari kebudayaan asli Indonesia yang telah bertahan selama berabad-abad. Melalui peninggalan ini, kita dapat mempelajari dan menghargai kekayaan sejarah dan budaya yang dimiliki Indonesia.

: Sumber: Kompas.com – Candi Borobudur, Bangunan Indonesia asli yang Berupa Punden Berundak
: Sumber: Kompas.com – Relief Candi Borobudur: Susunan dan Maknanya
: Sumber: Kumparan – Alasan Candi Borobudur Diakui sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO

Also Read

Bagikan: