Kebudayaan adalah Sesuatu yang Dipelajari

Ella Winarsih

Kebudayaan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Sebagai suatu sistem yang kompleks, kebudayaan melibatkan banyak elemen seperti bahasa, norma, nilai, adat istiadat, seni, agama, dan teknologi yang berkembang dan dipelajari oleh individu maupun kelompok dalam suatu masyarakat. Dalam tulisan ini, kita akan menjelaskan dengan detail dan relevan mengapa kebudayaan dapat dikatakan sebagai sesuatu yang dipelajari.

1. Definisi Kebudayaan sebagai Sesuatu yang Dipelajari

Kebudayaan dapat didefinisikan sebagai suatu sistem kompleks yang dipelajari oleh individu dalam suatu masyarakat. Ini berarti bahwa kebudayaan tidak disebabkan oleh faktor keturunan atau bawaan genetik semata, tetapi lebih pada hasil pembelajaran yang dilakukan individu sepanjang hidupnya. Kita tidak dilahirkan dengan pengetahuan tentang bahasa, adat istiadat, atau norma tertentu. Semua pengetahuan dan keterampilan tersebut perlu dipelajari secara aktif dari lingkungan sosial dan budaya tempat individu tersebut tumbuh dan berkembang.

2. Pembelajaran Kebudayaan melalui Proses Sosialisasi

Proses pembelajaran kebudayaan terjadi melalui proses sosialisasi yang dimulai sejak individu lahir hingga dewasa. Dalam proses ini, individu belajar dan menyerap beragam nilai, norma, dan aturan yang ada dalam masyarakat tempatnya tinggal. Misalnya, anak-anak belajar bahasa ibu mereka dengan mendengarkan dan mengamati orang-orang di sekitar mereka. Mereka juga belajar tata cara berpakaian, etika makan, dan cara berinteraksi sosial melalui pengamatan dan imitasi terhadap orang dewasa di sekitar mereka.

3. Pengaruh Lingkungan Sosial dalam Pembelajaran Kebudayaan

Lingkungan sosial, seperti keluarga, sekolah, teman sebaya, dan media massa, memainkan peran penting dalam pembelajaran kebudayaan. Orang tua dan anggota keluarga lainnya memiliki pengaruh yang kuat dalam membentuk sikap, nilai, dan norma individu. Mereka bertindak sebagai agen sosialisasi pertama yang memberikan pengajaran dan contoh-contoh langsung kepada individu.

BACA JUGA:   Kebudayaan Non Benda Daerah Jawa Barat

Selain itu, sekolah juga berperan dalam membentuk kebudayaan. Di sekolah, siswa mempelajari bahasa, sejarah, dan kebiasaan yang ada dalam masyarakat. Mereka juga diajarkan nilai-nilai moral dan etika yang berlaku.

Teman sebaya juga memiliki dampak yang signifikan dalam proses pembelajaran kebudayaan. Di antara teman-teman sebaya, individu belajar tentang gaya berpakaian, tren, dan cara bertingkah laku yang dianggap pantas sesuai dengan norma kelompok sosial mereka.

Media massa, seperti televisi, radio, dan internet, juga memainkan peran penting dalam pembelajaran kebudayaan. Melalui media tersebut, individu terpapar dengan beragam informasi dan nilai-nilai yang dapat mempengaruhi pandangan dunia, preferensi, dan perilaku mereka.

4. Perubahan dan Adaptasi dalam Pembelajaran Kebudayaan

Salah satu ciri khas kebudayaan adalah adanya perubahan dan adaptasi. Kebudayaan tidaklah statis, tetapi selalu berubah dan berkembang seiring waktu. Perubahan dan adaptasi kebudayaan terjadi karena individu dan kelompok dalam suatu masyarakat belajar dari pengalaman mereka dan menyesuaikan kebutuhan mereka dengan perkembangan zaman.

Misalnya, perkembangan teknologi komunikasi membawa perubahan dalam cara manusia berinteraksi dan berkomunikasi. Dengan adanya ponsel pintar dan media sosial, cara berkomunikasi dan membangun hubungan sosial berubah secara signifikan. Individu belajar mengenai teknologi baru ini dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi dalam kebudayaan mereka.

5. Pentingnya Pembelajaran Kebudayaan dalam Konteks Globalisasi

Dalam era globalisasi, pembelajaran kebudayaan menjadi semakin penting. Masyarakat yang beragam budaya dan nilai dapat berinteraksi secara global dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, politik, dan sosial. Pembelajaran dan pemahaman terhadap kebudayaan orang lain dapat membantu mengurangi konflik dan meningkatkan kerjasama antarbangsa.

Pembelajaran kebudayaan juga membantu individu dalam memahami warisan budaya mereka sendiri. Dengan mengenal dan menghargai kebudayaan sendiri, individu dapat memperkuat identitas mereka dan mempertahankan nilai-nilai budaya yang unik.

BACA JUGA:   Faktor-faktor Penyebab Kelahiran Kebudayaan

Kesimpulan

Dalam dunia yang semakin kompleks dan terhubung secara global, kebudayaan dapat dikatakan sebagai sesuatu yang dipelajari. Proses pembelajaran kebudayaan melalui sosialisasi dan pengaruh lingkungan sosial membentuk pandangan dunia, nilai, dan perilaku individu. Perubahan dan adaptasi juga merupakan bagian integral dari kebudayaan, dan pembelajaran kebudayaan memiliki peran penting dalam menghadapi tantangan dan peluang yang dihadapi dalam konteks globalisasi.

Also Read

Bagikan: