Kebudayaan Abris Sous Roche: Hasil dari Kebudayaan yang Ditemukan di

Elvina Rahimah

Kebudayaan Abris Sous Roche merupakan hasil dari kebudayaan yang ditemukan di tempat-tempat perlindungan alami yang disebut abris sous roche. Abris sous roche adalah istilah dalam bahasa Prancis yang berarti "perlindungan di bawah tebing". Tempat-tempat ini adalah gua-gua atau celah-celah di bawah tebing yang digunakan oleh manusia purba sebagai tempat tinggal atau tempat perlindungan.

Kebudayaan Abris Sous Roche umumnya terkait dengan kehidupan manusia purba pada periode Paleolitikum, sekitar 2,6 juta hingga 10.000 tahun yang lalu. Jika mengamati situs-situs kebudayaan Abris Sous Roche yang telah ditemukan di berbagai belahan dunia, terutama di Eropa dan Afrika, dapat kita temukan berbagai artefak dan bukti kehidupan manusia purba.

Di kebudayaan ini, manusia purba memanfaatkan lingkungan sekitar mereka untuk bertahan hidup. Mereka menggunakan abris sous roche sebagai tempat hunian yang aman dari predator dan cuaca buruk. Para arkeolog dan antropolog juga menemukan bukti aktivitas seperti pembuatan senjata, perkakas batu, ukiran pada dinding gua, dan bahkan lukisan dinding gua yang menjadi seni primitif tertua yang kita kenal.

Selain sebagai tempat tinggal, abris sous roche juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan, tempat pembuatan perkakas, serta tempat untuk melakukan kegiatan sosial dan keagamaan. Artefak seperti tulang hewan, kulit binatang, dan sisa-sisa tanaman juga ditemukan di dalam abris sous roche, memberikan petunjuk tentang pola kehidupan manusia purba pada masa itu.

Kebudayaan Abris Sous Roche juga memberikan wawasan tentang bagaimana manusia purba berevolusi dan beradaptasi dengan lingkungan mereka. Ini mencakup strategi berburu, penggunaan api, serta pengembangan teknik dan keahlian dalam membuat perkakas dari batu dan tulang.

Dalam konteks global, kebudayaan Abris Sous Roche menjadi salah satu bukti keberadaan manusia purba di berbagai wilayah bumi. Setiap situs kebudayaan ini memiliki cerita unik yang menggambarkan sejarah kehidupan manusia purba pada masa itu.

BACA JUGA:   Kebudayaan Jepang pada Saat Tahun Baru

Dalam penelitian dan eksplorasi sejarah manusia purba, abris sous roche merupakan peninggalan penting yang perlu dijaga dan dipelajari dengan serius. Beberapa situs abris sous roche telah dijadikan warisan dunia oleh UNESCO dan menjadi objek wisata sejarah yang menarik bagi pengunjung yang ingin melihat langsung kehidupan manusia purba.

Dengan penelitian yang terus berlanjut, kita dapat terus mempelajari kebudayaan Abris Sous Roche dan memperkaya pemahaman kita tentang masa lalu manusia. Penemuan-penemuan baru dan interpretasi baru atas artefak-artefak yang ditemukan dapat membantu kita menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai perjalanan evolusi manusia dan interaksi mereka dengan lingkungan sekitar.

Terlepas dari itu, kebudayaan Abris Sous Roche merupakan bukti betapa kompleksnya dan beragamnya kehidupan manusia purba. Dalam abris sous roche, mereka tidak hanya bertahan hidup secara fisik, tetapi juga menciptakan seni dan berinteraksi dengan lingkungannya. Melalui kebudayaan Abris Sous Roche, kita dapat memahami dan menghargai keberagaman manusia purba serta pentingnya menjaga dan melindungi warisan budaya mereka.

Also Read

Bagikan: