Kebudayaan Abris Sous Roche di Lumajang, Sulawesi Selatan

Elvina Rahimah

Kebudayaan Abris Sous Roche di Lumajang, Sulawesi Selatan adalah ukiran batu prasejarah yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi di daerah tersebut. Abris Sous Roche merupakan sebuah jenis tempat hunian yang dibangun di bawah tebing karst. Wilayah ini merupakan salah satu tempat dengan jumlah Abris Sous Roche terbanyak di pulau Sulawesi.

Latar Belakang

Abris Sous Roche di Lumajang, Sulawesi Selatan memiliki keunikan dalam aspek kebudayaannya. Beberapa penelitian menyatakan bahwa Abris Sous Roche di Lumajang dapat berusia hingga 5.000 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa kebudayaan ini sudah ada sejak zaman prasejarah.

Karakteristik Abris Sous Roche

Abris Sous Roche di Lumajang, Sulawesi Selatan memiliki ciri khas yang membedakannya dari struktur Abris Sous Roche di daerah lain. Salah satu ciri khasnya adalah ukiran batu yang terdapat di dinding-dinding Abris Sous Roche tersebut. Ukiran-ukiran ini menggambarkan manusia, hewan, alam, serta simbol-simbol lain yang mungkin memiliki makna religius atau sosial pada masa itu.

Penelitian dan Penggalian

Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk mengungkap sejarah dan makna dari ukiran batu di Abris Sous Roche di Lumajang, Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukiran-ukiran ini merupakan representasi kehidupan dan kepercayaan masyarakat pada masa itu. Beberapa ukiran juga menunjukkan adanya hubungan dengan kegiatan berburu dan mengumpulkan makanan.

Penggalian yang dilakukan di Abris Sous Roche di Lumajang, Sulawesi Selatan juga telah menghasilkan temuan arkeologis lainnya, seperti alat-alat batu, pecahan keramik, dan artefak lainnya. Temuan-temuan ini memberikan bukti nyata bahwa daerah ini telah menjadi tempat hunian manusia sejak ribuan tahun yang lalu.

BACA JUGA:   Kebudayaan Perunggu di Indonesia adalah Peninggalan

Signifikansi Budaya

Kebudayaan Abris Sous Roche di Lumajang, Sulawesi Selatan memiliki signifikansi yang besar dalam memahami sejarah prasejarah Indonesia. Karya seni ukiran batu yang ada di Abris Sous Roche ini merupakan warisan budaya yang sangat berharga dan penting untuk dilestarikan.

Selain itu, Abris Sous Roche juga mencerminkan kecerdasan dan keterampilan manusia pada masa itu. Ukiran-ukiran ini menunjukkan bahwa manusia purba di Lumajang memiliki kemampuan artistik yang tinggi dalam memahat batu. Hal ini menunjukkan perkembangan budaya yang telah terjadi sejak masa prasejarah.

Kesimpulan

Kebudayaan Abris Sous Roche di Lumajang, Sulawesi Selatan adalah sebuah kekayaan budaya yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Dengan ukiran batu yang ada di Abris Sous Roche, kita dapat mengetahui kehidupan dan kepercayaan masyarakat pada masa prasejarah. Penelitian dan penggalian juga telah memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai sejarah dan budaya di daerah ini. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi dan memelihara warisan budaya ini agar dapat dinikmati dan dipelajari oleh generasi mendatang.

Also Read

Bagikan: