Kebudayaan Abris Sous Roche di Lomoncong Sulawesi Selatan

Elvina Rahimah

Kebudayaan abris sous roche di Lomoncong, Sulawesi Selatan memegang peran penting dalam memahami sejarah dan budaya kuno di wilayah tersebut. Abris sous roche, yang berarti "teras gua" dalam bahasa Prancis, merujuk pada tempat tinggal gua-gua bertingkat yang digunakan oleh masyarakat prasejarah.

Asal Usul dan Karakteristik Abris Sous Roche

Abris sous roche di Lomoncong merupakan salah satu situs arkeologi terpenting di Sulawesi Selatan. Situs ini terletak di lereng bukit, menghadap sungai, dan ditemukan dalam jumlah yang cukup signifikan di wilayah tersebut. Abris sous roche biasanya terdiri dari satu atau beberapa pintu masuk gua yang terletak di dinding tebing yang menghadap sungai.

Fitur unik dari abris sous roche di Lomoncong adalah adanya partisi vertikal yang membagi gua menjadi beberapa tingkatan. Setiap tingkatan memiliki lantai yang rata dan memiliki area tempat tidur, dapur, dan area aktivitas lainnya. Partisi ini menunjukkan bahwa masyarakat yang tinggal di abris sous roche mengatur ruangan secara teratur, mungkin untuk memisahkan kelompok-kelompok keluarga atau aktivitas yang berbeda.

Kehidupan Masyarakat Abris Sous Roche

Berdasarkan penelitian arkeologi yang dilakukan di abris sous roche Lomoncong, dapat disimpulkan bahwa masyarakat yang tinggal di tempat ini memiliki kehidupan sosial yang kompleks dan mengembangkan kebudayaan yang maju. Mereka menggantungkan kehidupan mereka secara langsung dengan sumber daya alam sekitar, terutama sungai yang mengalir di dekat gua. Riset juga menunjukkan bahwa masyarakat ini memiliki pengetahuan tentang pertanian dan perkebunan, serta membuat dan menggunakan alat-alat dari batu dan keramik.

BACA JUGA:   Wujud Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Seni dan Kepercayaan Masyarakat Abris Sous Roche

Masyarakat abris sous roche di Lomoncong juga mengembangkan seni dan kepercayaan yang khas. Beberapa peninggalan seni, seperti lukisan, dijumpai di dinding gua. Motif yang sering ditemukan adalah gambar hewan, tangan manusia, dan pola geometris yang rumit. Lukisan ini diyakini memiliki makna simbolis atau religius, mungkin terkait dengan kepercayaan atau ritual masyarakat yang tinggal di gua ini.

Pentingnya Kebudayaan Abris Sous Roche

Kebudayaan abris sous roche di Lomoncong memberikan wawasan berharga tentang kehidupan masyarakat prasejarah di Sulawesi Selatan. Penelitian di situs ini membantu arkeolog dan sejarawan mempelajari aspek kehidupan sosial, ekonomi, agama, dan seni dari masa lalu. Selain itu, keberadaan abris sous roche juga menunjukkan bahwa wilayah Lomoncong memiliki sejarah yang kaya dan variatif, serta pernah menjadi tempat tinggal dan pusat aktivitas masyarakat prasejarah.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan kami, kebudayaan abris sous roche di Lomoncong, Sulawesi Selatan, adalah sebuah fenomena arkeologi yang penting. Abris sous roche ini mengungkapkan kehidupan masyarakat prasejarah yang kompleks dan maju, serta seni dan kepercayaan yang unik. Penelitian di situs ini membantu kita memahami lebih baik tentang masa lalu wilayah ini dan memperkaya pengetahuan kita tentang sejarah dan budaya Sulawesi Selatan.

Also Read

Bagikan: