Kebudayaan Abris Sous Roche

Ella Winarsih

Sebelum menjelaskan lebih lanjut tentang kebudayaan abris sous roche, perlu dipahami terlebih dahulu apa itu kebudayaan manusia purba. Kebudayaan manusia purba merupakan formasi budaya yang berkembang pada masa prasejarah sebelum manusia mencapai bentuk dan kemampuan yang dimiliki manusia modern saat ini.

Salah satu kebudayaan manusia purba yang ditemukan di beberapa daerah adalah kebudayaan abris sous roche. Secara harfiah, abris sous roche berarti tempat perlindungan di bawah batu. Kebudayaan ini umumnya ditemukan di bagian barat daya Eropa, khususnya di wilayah Perancis dan Spanyol.

Abris sous roche umumnya terletak di lereng-lereng tebing atau gua-gua yang berbatu. Tempat ini memberikan perlindungan alami bagi manusia purba dari cuaca ekstrem dan predator. Selain itu, abris sous roche juga memberikan akses yang relatif mudah terhadap sumber daya alam yang dibutuhkan oleh manusia purba untuk bertahan hidup, seperti air, makanan, dan material untuk membuat perkakas.

Kebudayaan abris sous roche dapat dikenali dari peninggalan yang ditemukan di lokasi-lokasi tersebut. Beberapa peninggalan yang sering ditemukan antara lain adalah alat-alat batu yang digunakan untuk berburu, seperti kapak batu, punuk, dan pisau, serta lukisan-lukisan dinding yang menggambarkan kehidupan sehari-hari manusia purba.

Peninggalan-peninggalan tersebut memberikan insight yang berharga tentang cara hidup dan kebiasaan manusia purba di masa lalu. Misalnya, lukisan dinding yang menggambarkan berbagai hewan bisa memberikan petunjuk tentang kegiatan berburu manusia purba, serta jenis hewan yang menjadi sumber kehidupan mereka.

Selain itu, peninggalan alat-alat batu juga memberikan informasi tentang teknologi yang digunakan oleh manusia purba. Dari alat-alat ini, kita dapat melihat perkembangan dan peningkatan keahlian manusia purba dalam membuat perkakas untuk bertahan hidup.

BACA JUGA:   Kebudayaan Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri

Kebudayaan abris sous roche juga memberikan pemahaman tentang perkembangan sosial dan budaya manusia purba. Baik melalui lukisan-lukisan dinding maupun artefak-artefak yang ditemukan, kita dapat mencari tahu tentang kehidupan sehari-hari mereka, pola migrasi, serta sistem kepercayaan dan spiritualitas mereka.

Dengan demikian, kebudayaan abris sous roche merupakan sarana penting dalam mempelajari serta memahami kehidupan manusia purba. Hal ini membantu kita mengungkap cerita yang terkubur dalam sejarah tentang perjalanan manusia dalam berkembang dan beradaptasi di lingkungan sekitarnya.

Also Read

Bagikan: