Kebudayaan Abris Sous Roche

Clara Hassanah

Kebudayaan Abris Sous Roche merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa Prancis. "Abris Sous Roche" secara harfiah berarti "persembunyian di bawah tebing". Istilah ini merujuk pada tipe peninggalan arkeologi yang ditemukan di banyak daerah di Eropa.

Definisi

Abris Sous Roche adalah jenis situs arkeologi yang ditemukan di bawah tebing atau lereng batu. Situs ini umumnya terletak pada tempat-tempat yang terlindungi, seperti celah di antara bebatuan atau tepi gua. Faktor geologis dan lingkungan alam yang terjadi di daerah tertentu memainkan peran penting dalam terbentuknya abris sous roche.

Karakteristik

Kebudayaan Abris Sous Roche memiliki beberapa karakteristik yang khas:

  1. Lokasi: Situs Abris Sous Roche umumnya ditemukan di daerah berbukit atau pegunungan dengan bebatuan curam. Lokasi tersebut memberikan perlindungan alami dari cuaca ekstrem dan lingkungan luar yang berbahaya.

  2. Keberadaan Guanya: Situs-situs Abris Sous Roche sering kali terkait dengan adanya gua di sekitarnya. Gua-gua ini dapat memberikan tempat tinggal yang aman, tempat perlindungan, dan juga sumber air yang penting bagi manusia purba.

  3. Peninggalan Budaya: Pada situs Abris Sous Roche, ditemukan berbagai jenis artefak dan peninggalan manusia kuno. Pada umumnya, ditemukan sisa-sisa alat batu, kerangka manusia dan hewan, serta lukisan dinding.

  4. Kehidupan Manusia Purba: Berdasarkan penemuan di berbagai situs Abris Sous Roche, diketahui bahwa manusia purba tinggal di tempat ini dalam jangka waktu yang lama. Mereka telah mengembangkan kehidupan sosial, mencari makanan, membuat perkakas, dan menghiasi dinding gua dengan gambar dan lukisan.

Signifikansi

Studi mengenai kebudayaan Abris Sous Roche memberikan informasi yang berharga tentang kehidupan manusia purba. Peninggalan arkeologi yang ditemukan di tempat ini memberikan petunjuk tentang mata pencaharian, teknologi, dan perilaku manusia purba.

BACA JUGA:   Kebudayaan Indonesia yang Diklaim Negara Lain

Selain itu, lukisan dinding yang ditemukan di beberapa situs Abris Sous Roche juga memberikan wawasan tentang estetika dan kegiatan seni pra-sejarah. Lukisan-lukisan ini seringkali menggambarkan kehidupan sehari-hari, binatang, atau mungkin memiliki makna simbolis yang dalam bagi komunitas manusia purba tersebut.

Kesimpulan

Kebudayaan Abris Sous Roche merupakan sebuah istilah yang merujuk pada situs arkeologi yang ditemukan di bawah tebing atau lereng batu. Situs tersebut mengungkapkan kehidupan manusia purba, peninggalan budaya, dan seni pra-sejarah. Melalui pemahaman terhadap Abris Sous Roche, kita dapat memperoleh informasi yang berharga tentang evolusi dan peradaban manusia purba.

Also Read

Bagikan: