Jurusan yang Ada di SMK Pertanian Pekanbaru

Clara Hassanah

SMK Pertanian Pekanbaru adalah salah satu sekolah menengah kejuruan di Pekanbaru yang fokus pada pendidikan dan pelatihan di bidang pertanian. Berikut adalah beberapa jurusan yang tersedia di SMK Pertanian Pekanbaru:

1. Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura

Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura memiliki fokus utama pada pengelolaan dan pemasaran produk-produk pertanian, seperti tanaman pangan (padi, jagung, kacang-kacangan) dan hortikultura (sayuran, buah-buahan, bunga). Siswa di jurusan ini akan mempelajari teknik budidaya, pengolahan hasil pertanian, dan strategi bisnis dalam sektor pertanian.

2. Peternakan

Jurusan Peternakan bertujuan untuk melatih siswa dalam bidang pemeliharaan, perawatan, dan manajemen hewan ternak, seperti sapi, kambing, domba, ayam, dan ikan. Siswa akan mempelajari teknik pemuliaan hewan, nutrisi hewan, penyakit hewan, serta pengelolaan usaha peternakan.

3. Agroindustri

Jurusan Agroindustri berfokus pada pengolahan hasil pertanian menjadi produk bernilai tambah. Siswa akan mempelajari proses pengolahan pangan, teknologi pengemasan, pengawetan, dan manajemen produksi. Jurusan ini memberikan pemahaman tentang potensi produk agroindustri lokal dan peluang bisnis di sektor ini.

4. Pertanian Organik

Jurusan Pertanian Organik mencakup pengenalan prinsip-prinsip pertanian organik yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Siswa akan mempelajari teknik budidaya organik, pemupukan organik, pengendalian hama dan penyakit tanpa bahan kimia sintetis, serta manajemen lahan organik. Jurusan ini memberikan pemahaman tentang pentingnya keberlanjutan dalam pertanian.

5. Kehutanan

Jurusan Kehutanan melibatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan hutan secara lestari. Siswa akan mempelajari tentang jenis-jenis pohon, teknik penanaman, perawatan hutan, pengelolaan sumber daya hutan, serta upaya konservasi alam. Jurusan ini mengedepankan kelestarian hutan dan pentingnya menjaga ekosistem.

BACA JUGA:   Jumlah Minimal Siswa per Rombel TK

6. Teknik Mesin Pertanian

Jurusan Teknik Mesin Pertanian mempersiapkan siswa sebagai tenaga teknisi yang mampu mengoperasikan, merawat, dan memperbaiki mesin-mesin pertanian. Siswa akan mempelajari aspek-aspek teknis seperti perakitan dan perawatan mesin pertanian, perancangan alat pertanian, serta teknik pengolahan dan pemanenan hasil pertanian menggunakan mesin.

7. Agroekoteknologi

Jurusan Agroekoteknologi mempelajari tentang sistem ekologi pertanian. Siswa akan belajar tentang interaksi antara tanaman, hewan, mikroorganisme, dan lingkungan dalam usaha pertanian. Mereka juga akan mempelajari teknik pemuliaan tanaman, nutrisi tanaman, perlindungan tanaman, serta pengelolaan lahan pertanian secara berkelanjutan.

Itulah beberapa jurusan yang ada di SMK Pertanian Pekanbaru. Setiap jurusan memiliki keunikan dan fokusnya sendiri dalam mendukung sektor pertanian dan agribisnis. Para siswa akan mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman praktis yang relevan dengan bidang pertanian yang dipilih.

Also Read

Bagikan: