Jurusan SMKN 17 Jakarta

Elvina Rahimah

SMKN 17 Jakarta, atau yang lebih dikenal dengan nama Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 17 Jakarta, merupakan salah satu sekolah kejuruan di ibu kota Indonesia. Sekolah ini terletak di daerah Jakarta Selatan dan menawarkan beberapa jurusan yang dapat dipilih oleh siswa-siswi yang berminat.

Jurusan yang Tersedia di SMKN 17 Jakarta

Berikut adalah beberapa jurusan yang tersedia di SMKN 17 Jakarta:

  1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ): Jurusan ini fokus pada pengembangan dan pemeliharaan jaringan komputer serta administrasi sistem. Siswa-siswi jurusan TKJ akan mempelajari tentang instalasi jaringan, troubleshooting, konfigurasi server, dan keamanan jaringan.

  2. Teknik Elektronika Industri (TEI): Jurusan TEI mengajarkan siswa-siswi tentang teknik listrik dan elektronika. Mereka akan mempelajari tentang perbaikan dan pemeliharaan peralatan elektronik, merakit rangkaian elektronika, serta memahami dan mengoperasikan peralatan listrik dan elektronik.

  3. Teknik Otomotif (TO): Jurusan ini mempersiapkan siswa-siswi yang ingin mengambil jalur karir di dunia otomotif. Mereka akan belajar tentang perawatan, servis, dan perbaikan kendaraan, serta memahami sistem dan komponen mekanik kendaraan bermotor.

  4. Teknik Gambar Bangunan (TGB): Jurusan ini melatih siswa-siswi dalam pembuatan gambar teknik dan desain bangunan. Mereka akan belajar tentang perencanaan, merancang, dan menggambar bangunan menggunakan perangkat lunak desain dan teknik konstruksi.

  5. Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP): Jurusan BDP mempelajari tentang strategi pemasaran, penjualan, dan manajemen bisnis secara daring. Siswa-siswi akan mempelajari teknik periklanan, riset pasar, analisis data, serta penerapan teknologi digital dalam dunia bisnis.

Prospek Karir Setelah Lulus

Lulusan SMKN 17 Jakarta memiliki peluang karir yang baik di berbagai bidang terkait dengan jurusan yang mereka pilih. Beberapa prospek karir yang dapat dikejar antara lain:

  • Lulusan TKJ dapat bekerja sebagai teknisi jaringan, administrator sistem, atau spesialis keamanan jaringan di perusahaan IT atau penyedia layanan jaringan.
  • Lulusan TEI dapat bekerja sebagai teknisi elektronika di industri manufaktur, perusahaan elektronik, atau bengkel elektronik.
  • Lulusan TO dapat bekerja sebagai mekanik otomotif, teknisi servis kendaraan, atau inspektur kualitas di workshop, dealer mobil, atau industri otomotif.
  • Lulusan TGB dapat bekerja sebagai ahli gambar bangunan, desainer interior, atau kontraktor konstruksi di perusahaan arsitektur atau konstruksi.
  • Lulusan BDP dapat bekerja sebagai ahli pemasaran digital, analis bisnis daring, atau manajer pemasaran di berbagai industri.
BACA JUGA:   Les Privat di Rumah

Kesimpulan

Melalui berbagai jurusan yang ditawarkan di SMKN 17 Jakarta, siswa-siswi memiliki kesempatan untuk mempersiapkan diri mereka menuju jalur karir yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Dengan fasilitas dan kurikulum yang didukung oleh SMKN 17 Jakarta, diharapkan lulusan dapat menjadi tenaga kerja yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja.

Also Read

Bagikan: