Jurusan SMK Kesehatan

Padma Astuti

Jurusan SMK Kesehatan adalah salah satu pilihan jurusan yang tersedia di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurusan ini ditujukan bagi siswa yang tertarik dan berminat dalam bidang kesehatan dan ingin memiliki kompetensi di bidang tersebut. Dalam jurusan ini, siswa akan mempelajari berbagai mata pelajaran yang berhubungan dengan aspek kesehatan, baik dari segi teori maupun praktik.

Program Belajar

Di jurusan SMK Kesehatan, siswa akan belajar tentang anatomi dan fisiologi tubuh manusia, pengenalan penyakit, pertolongan pertama, kesehatan dan keselamatan kerja, serta berbagai teknik dan metode dalam pelayanan kesehatan. Materi pembelajaran ini akan diajarkan dalam bentuk teori di kelas, praktik di laboratorium, dan juga melalui kegiatan magang di rumah sakit, klinik, atau lembaga kesehatan lainnya.

Kompetensi dan Keterampilan yang Dipelajari

Dalam jurusan ini, siswa akan mengembangkan berbagai kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan dalam bidang kesehatan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Pengetahuan tentang anatomi dan fisiologi tubuh manusia: Siswa akan mempelajari struktur dan fungsi tubuh manusia, mulai dari sistem saraf, sistem pencernaan, sistem pernapasan, hingga sistem reproduksi.
  2. Pemahaman tentang penyakit dan pencegahan: Siswa akan mempelajari jenis-jenis penyakit, seperti penyakit menular dan penyakit degeneratif, serta cara mencegah penyebaran penyakit tersebut.
  3. Pelatihan keterampilan medis: Siswa akan dilatih dalam melakukan pemeriksaan fisik, penggunaan alat medis, serta melakukan tindakan medis sederhana, seperti pengambilan sampel darah atau pengukuran tekanan darah.
  4. Pertolongan pertama: Siswa akan diajarkan teknik dan prosedur pertolongan pertama saat menghadapi kecelakaan atau kondisi darurat lainnya.
  5. Pengenalan tentang kesehatan dan keselamatan kerja: Siswa akan mempelajari berbagai aspek keselamatan di tempat kerja, termasuk penggunaan alat pelindung diri (APD) dan tindakan pencegahan terhadap kecelakaan kerja.
BACA JUGA:   SMK Berdikari Jember

Peluang Kerja dan Karir

Setelah lulus dari jurusan SMK Kesehatan, siswa memiliki peluang karir yang cukup menjanjikan di berbagai sektor kesehatan. Beberapa posisi pekerjaan yang bisa dipilih antara lain:

  1. Perawat: Lulusan SMK Kesehatan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang diploma atau sarjana keperawatan untuk menjadi perawat yang bertanggung jawab dalam merawat pasien di rumah sakit, klinik, atau lembaga kesehatan lainnya.
  2. Asisten Apoteker: Lulusan SMK Kesehatan juga dapat menjadi asisten apoteker yang membantu dalam mengatur stok obat, memberikan informasi obat kepada pasien, dan melakukan tugas-tugas administratif di apotek.
  3. Pramugara/Pramugari Kesehatan: Lulusan SMK Kesehatan dapat bekerja di maskapai penerbangan sebagai pramugara atau pramugari kesehatan yang bertanggung jawab dalam memberikan pertolongan pertama dan merawat penumpang yang membutuhkan bantuan medis di dalam pesawat.
  4. Tenaga Medis Lainnya: Selain itu, lulusan SMK Kesehatan juga dapat bekerja sebagai tenaga medis di klinik, laboratorium, rumah sakit, atau lembaga kesehatan lainnya yang membutuhkan keterampilan dalam pelayanan kesehatan.

Kesimpulan

Jurusan SMK Kesehatan merupakan pilihan yang tepat bagi siswa yang berminat dalam bidang kesehatan. Dalam jurusan ini, siswa akan mempelajari berbagai kompetensi dan keterampilan yang berkaitan dengan aspek kesehatan, serta memiliki peluang karir yang menjanjikan di berbagai sektor kesehatan. Dengan melanjutkan pendidikan dan pengalaman kerja yang memadai, lulusan SMK Kesehatan dapat mengembangkan kariernya di industri kesehatan yang terus berkembang.

Also Read

Bagikan: