Jurusan SMK Kartek 1 Jatilawang

Victoria Suryatmi

SMK Kartek 1 Jatilawang merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang terletak di Jatilawang. Sekolah ini menawarkan berbagai macam jurusan yang menyediakan pendidikan kejuruan kepada siswa. Jurusan-jurusan yang ditawarkan di SMK Kartek 1 Jatilawang dapat membantu siswa dalam mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Berikut adalah beberapa jurusan yang tersedia di SMK Kartek 1 Jatilawang:

1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Jurusan TKJ di SMK Kartek 1 Jatilawang memberikan siswa pengetahuan dan keterampilan dalam bidang teknologi komputer dan jaringan. Siswa akan mempelajari tentang instalasi, konfigurasi, dan pemeliharaan peralatan jaringan komputer, serta pengenalan dan manajemen sistem operasi. Mereka juga akan belajar tentang pemrograman, pengembangan aplikasi berbasis web, dan keamanan jaringan.

2. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Jurusan RPL di SMK Kartek 1 Jatilawang fokus pada pembelajaran tentang pengembangan perangkat lunak. Siswa akan mempelajari tentang analisis kebutuhan pengguna, perancangan dan implementasi perangkat lunak, serta pengujian dan pemeliharaannya. Mereka juga akan belajar tentang pemrograman, basis data, dan pengembangan aplikasi berbasis web.

3. Teknik Elektronika Industri (TEI)

Jurusan TEI di SMK Kartek 1 Jatilawang mengajarkan siswa tentang teori dan praktik dalam bidang elektronika industri. Siswa akan mempelajari tentang instalasi dan perawatan komponen elektronik, serta pemprograman dan pengoperasian sistem elektronik. Mereka juga akan belajar tentang rangkaian elektronik, pemrograman mikrokontroler, dan pemeliharaan peralatan elektronik.

4. Teknik Otomotif (TO)

Jurusan TO di SMK Kartek 1 Jatilawang fokus pada pembelajaran tentang perbaikan dan perawatan kendaraan bermotor. Siswa akan mempelajari tentang mesin-mesin otomotif, sistem kelistrikan, dan sistem suspensi. Mereka juga akan belajar tentang perbaikan dan penggantian komponen-komponen kendaraan serta melakukan perawatan dan perbaikan berdasarkan standar.

BACA JUGA:   Serangan Terhadap Pesantren: Kisah Nyata yang Membuat Gempar

5. Teknik Pemesinan (TP)

Jurusan TP di SMK Kartek 1 Jatilawang mengajarkan siswa tentang teknik pemesinan dan manufaktur. Siswa akan mempelajari tentang perancangan dan pembuatan suku cadang, pengoperasian dan pemeliharaan mesin-mesin pemesinan, serta penggunaan peralatan pemesinan. Mereka juga akan belajar tentang perancangan produk dan proses manufaktur.

Itulah beberapa jurusan yang ditawarkan di SMK Kartek 1 Jatilawang. Setiap jurusan memiliki keunggulannya masing-masing dan disesuaikan dengan minat dan bakat siswa. Dengan memilih jurusan yang sesuai, siswa diharapkan dapat memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang dapat berguna dalam persiapan untuk dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pilihan jurusan di SMK Kartek 1 Jatilawang dapat menjadi langkah awal untuk mencapai masa depan yang sukses.

Also Read

Bagikan: