Jurusan SMK Farmasi

Elvina Rahimah

Pendahuluan

Jurusan SMK Farmasi adalah salah satu jurusan yang ditawarkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki fokus pada bidang farmasi. Jurusan ini bertujuan untuk melatih siswa dalam menjadi tenaga ahli di bidang farmasi yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja di berbagai instansi terkait dengan obat dan pengobatan.

Deskripsi Jurusan

Jurusan SMK Farmasi menyediakan pendidikan yang berorientasi pada keahlian praktis di bidang farmasi. Siswa akan mempelajari berbagai mata pelajaran yang berhubungan dengan obat-obatan, kesehatan masyarakat, dan dunia farmasi secara umum. Beberapa mata pelajaran yang umumnya diajarkan dalam jurusan SMK Farmasi adalah:

  1. Anatomi dan Fisiologi Tubuh Manusia: Siswa akan mempelajari struktur tubuh manusia beserta fungsinya secara detail. Hal ini penting untuk memahami bagaimana obat-obatan bekerja dalam tubuh manusia.

  2. Kimia Farmasi: Mata pelajaran ini akan membantu siswa memahami dasar-dasar kimia yang terkait dengan farmasi. Siswa akan belajar mengenai sifat-sifat obat dan bagaimana mereka diproduksi.

  3. Farmakologi: Pada mata pelajaran ini, siswa akan mempelajari tentang berbagai jenis obat-obatan dan cara kerjanya dalam tubuh manusia. Mereka juga akan mempelajari efek samping dan interaksi obat yang mungkin terjadi.

  4. Mikrobiologi: Mata pelajaran ini akan memperkenalkan siswa pada mikroorganisme seperti bakteri dan virus yang berhubungan dengan penyakit manusia. Mereka akan belajar mengenai cara mengidentifikasi dan mengendalikan mikroorganisme berbahaya.

  5. Farmasi Klinis: Siswa akan mempelajari aspek praktis farmasi di lingkungan klinikal. Mereka akan belajar tentang resep medis, dosis obat, dan tata cara penggunaannya yang benar.

  6. Etika Profesi: Mata pelajaran ini bertujuan untuk membentuk siswa menjadi tenaga ahli farmasi yang profesional dengan memperkenalkan prinsip-prinsip etika dan nilai-nilai yang harus dipegang dalam praktik farmasi.

BACA JUGA:   Pendidikan di SDIT di Tambun

Prospek Karir

Setelah lulus dari jurusan SMK Farmasi, banyak pilihan karir yang dapat dikejar. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Apoteker: Sebagai apoteker, Anda akan bekerja di apotek dan bertanggung jawab untuk mengeluarkan obat dengan resep dokter, memberikan informasi mengenai obat kepada pasien, serta memberikan saran terkait penggunaan obat yang aman dan efektif.

  2. Ahli Teknologi Farmasi: Sebagai ahli teknologi farmasi, pekerjaan Anda akan meliputi mempersiapkan dan mengukur dosis obat sesuai dengan resep yang diberikan oleh apoteker atau dokter. Anda juga akan bertanggung jawab untuk menjaga persediaan obat di apotek atau rumah sakit.

  3. Peneliti Farmasi: Sebagai peneliti farmasi, Anda akan bekerja di laboratorium untuk mengembangkan obat baru atau menguji keamanan obat yang sudah ada. Anda akan terlibat dalam penelitian dan percobaan yang dapat berkontribusi dalam perkembangan dunia farmasi.

  4. Sales Representative Farmasi: Sebagai sales representative farmasi, Anda akan menjadi perantara antara perusahaan farmasi dan tenaga medis. Tugas Anda adalah mempromosikan dan menjual produk farmasi kepada dokter, apoteker, dan tenaga medis lainnya.

Kesimpulan

Jurusan SMK Farmasi menawarkan pelatihan praktis untuk menjadi tenaga ahli di bidang farmasi. Siswa akan mempelajari berbagai mata pelajaran yang mencakup aspek teoritis dan praktis farmasi. Setelah lulus, siswa dapat memilih berbagai karir yang relevan dengan bidang farmasi seperti menjadi apoteker, ahli teknologi farmasi, peneliti farmasi, atau sales representative farmasi.

Also Read

Bagikan: