Jurusan SMK 2 Madiun

Elvina Rahimah

SMK 2 Madiun adalah salah satu sekolah menengah kejuruan (SMK) yang terletak di kota Madiun. Sekolah ini menawarkan berbagai jurusan yang sesuai dengan bidang keahlian yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Berikut ini adalah beberapa jurusan yang ada di SMK 2 Madiun:

1. Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK 2 Madiun membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam instalasi, perawatan, dan troubleshooting jaringan komputer. Siswa akan belajar tentang konfigurasi jaringan, pemrograman web, pemeliharaan perangkat keras, dan manajemen basis data. Dengan latar belakang pendidikan di bidang ini, lulusan TKJ SMK 2 Madiun memiliki peluang untuk bekerja sebagai teknisi jaringan, administrator jaringan, atau spesialis keamanan jaringan.

2. Jurusan Otomasi dan Tata Kelola Perkantoran

Jurusan Otomasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK 2 Madiun memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola dokumen, menyusun laporan keuangan, dan menjalankan proses administrasi perkantoran. Siswa akan belajar tentang aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office, manajemen file, layanan pelanggan, dan teknik penyusunan laporan. Lulusan jurusan ini memiliki peluang untuk bekerja sebagai asisten manajer, sekretaris, atau staf administrasi di berbagai jenis organisasi.

3. Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK 2 Madiun memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam perbaikan, perawatan, dan modifikasi kendaraan bermotor roda empat. Siswa akan belajar tentang sistem kelistrikan, mekanik mesin, sistem rem, dan sistem suspensi. Selain itu, mereka akan belajar tentang keselamatan berkendara dan etika profesi. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai mekanik otomotif, teknisi servis, atau pengusaha bengkel.

BACA JUGA:   Pondok Sukabumi

4. Jurusan Teknik Pengelasan

Jurusan Teknik Pengelasan di SMK 2 Madiun memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelasan logam dengan berbagai teknik dan metode. Siswa akan belajar tentang jenis-jenis logam, persiapan permukaan, teknik pengelasan, dan penggunaan alat pengelasan. Lulusan jurusan ini memiliki peluang untuk bekerja di berbagai industri yang membutuhkan keahlian dalam pengelasan, seperti konstruksi, manufaktur, dan perbaikan kapal.

5. Jurusan Tata Boga

Jurusan Tata Boga di SMK 2 Madiun memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam memasak dan menghidangkan berbagai jenis makanan dan minuman. Siswa akan belajar tentang teknik memasak, tata bahan makanan, pengelolaan dapur, dan estetika penyajian. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di hotel, restoran, kapal pesiar, atau membuka usaha kuliner sendiri.

Itulah beberapa jurusan yang ada di SMK 2 Madiun. Dengan pilihan jurusan yang bervariasi, siswa dapat memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang yang mereka pilih. SMK 2 Madiun berkomitmen untuk melahirkan lulusan yang siap terjun ke dunia kerja dengan memiliki kompetensi yang relevan sesuai dengan jurusan yang mereka pilih.

Also Read

Bagikan: