Jurusan di SMKN 4 Surabaya

Elvina Rahimah

SMKN 4 Surabaya adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang terletak di wilayah Surabaya. SMKN 4 Surabaya menawarkan berbagai jurusan yang dapat dipilih oleh para siswa untuk mengejar keahlian dan keterampilan tertentu. Berikut ini adalah beberapa jurusan yang tersedia di SMKN 4 Surabaya:

1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Jurusan TKJ merupakan jurusan yang fokus pada pembelajaran mengenai teknologi komputer dan jaringan. Para siswa akan mempelajari tentang perakitan komputer, instalasi jaringan, pemrograman, troubleshooting, keamanan jaringan, dan administrasi sistem. Jurusan TKJ sangat cocok bagi siswa yang tertarik dengan dunia teknologi informasi dan ingin menjadi ahli dalam bidang ini.

2. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Jurusan RPL adalah jurusan yang menitikberatkan pada pembelajaran tentang pengembangan dan pemrograman perangkat lunak. Para siswa akan mempelajari tentang pemrograman komputer, pengembangan aplikasi, analisis kebutuhan pengguna, pengujian perangkat lunak, dan manajemen proyek perangkat lunak. Jurusan RPL sangat cocok bagi siswa yang berminat dalam bidang pengembangan aplikasi dan ingin menjadi programmer atau pengembang perangkat lunak.

3. Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Jurusan TKR adalah jurusan yang fokus pada pembelajaran tentang perbaikan dan pemeliharaan kendaraan roda empat. Para siswa akan mempelajari tentang mekanika otomotif, sistem kelistrikan mobil, sistem rem, sistem suspensi, dan sistem penggerak. Jurusan TKR sangat cocok bagi siswa yang memiliki minat dalam bidang otomotif dan ingin menjadi teknisi di bengkel mobil atau montir mobil.

4. Teknik Jaringan Akses (TJA)

Jurusan TJA adalah jurusan yang mengajarkan siswa tentang perangkat keras dan perangkat lunak jaringan serta cara menghubungkan jaringan telekomunikasi. Para siswa akan mempelajari tentang instalasi perangkat jaringan, troubleshooting, pengaturan jaringan, dan konfigurasi router. Jurusan TJA sangat cocok bagi siswa yang tertarik dengan dunia jaringan telekomunikasi dan ingin menjadi ahli jaringan atau teknisi telekomunikasi.

BACA JUGA:   Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Limboto (SMA 2 Limboto)

5. Teknik Mekatronika (TM)

Jurusan TM adalah jurusan yang mengintegrasikan bidang teknologi mekanik dan elektronik. Para siswa akan mempelajari tentang pemrograman kontroler, perakitan dan perawatan mesin, sensor dan aktuator, serta integrasi antara mekanika dan elektronika. Jurusan TM sangat cocok bagi siswa yang memiliki minat dalam bidang mekanik dan elektronik, dan ingin menjadi ahli di bidang mekatronika.

Itulah beberapa jurusan yang tersedia di SMKN 4 Surabaya. Setiap jurusan memiliki keahlian dan keterampilan yang spesifik. Siswa dapat memilih jurusan berdasarkan minat dan bakat mereka. SMKN 4 Surabaya memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan bidang yang mereka pilih, sehingga dapat siap untuk memasuki dunia kerja ataupun melanjutkan studi ke tingkat perguruan tinggi.

Also Read

Bagikan: