Jurusan di SMK 8

Padma Astuti

SMK 8 adalah sebuah sekolah menengah kejuruan yang menawarkan berbagai jurusan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja saat ini. Jurusan di SMK 8 dirancang untuk memberikan siswa keterampilan praktis yang dapat mereka terapkan langsung setelah lulus.

Berikut ini adalah beberapa jurusan yang ditawarkan di SMK 8:

1. Teknik Komputer dan Jaringan

Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) merupakan salah satu jurusan yang paling diminati di SMK 8. Melalui jurusan ini, siswa akan mempelajari tentang perakitan dan perbaikan komputer, pengaturan jaringan komputer, instalasi software, serta penanganan masalah dalam sistem komputer. Lulusan TKJ memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai teknisi komputer, network administrator, atau bahkan dapat mengikuti program studi teknik informatika di perguruan tinggi.

2. Akuntansi

Jurusan Akuntansi di SMK 8 memberikan penekanan pada pengembangan keterampilan dalam bidang akuntansi dan keuangan. Siswa akan mempelajari proses pembukuan, perpajakan, analisis keuangan, serta menggunakan perangkat lunak akuntansi. Lulusan jurusan akuntansi dapat bekerja sebagai asisten akuntan, staf administrasi keuangan, atau melanjutkan pendidikan ke program studi akuntansi di perguruan tinggi.

3. Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin di SMK 8 adalah pilihan yang tepat bagi siswa yang mempunyai minat dalam bidang rekayasa dan teknologi. Di sini, siswa akan mempelajari perakitan dan perawatan mesin, pengelasan, permesinan, serta dasar-dasar otomotif. Gelar teknik mesin akan memberikan lulusan kesempatan untuk bekerja di perusahaan manufaktur, otomotif, atau melanjutkan pendidikan ke program studi teknik mesin di perguruan tinggi.

4. Desain Grafis

Jurusan Desain Grafis menawarkan pengetahuan dan keterampilan dalam desain visual, multimedia, dan komunikasi grafis. Siswa akan belajar mengoperasikan perangkat lunak desain, menghasilkan desain visual yang menarik, serta mengerti aspek kreatif dan estetika desain. Lulusan jurusan Desain Grafis dapat bekerja sebagai desainer grafis, desainer multimedia, atau melanjutkan pendidikan di bidang desain komunikasi visual.

BACA JUGA:   Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambun Selatan

5. Tata Boga

Jurusan Tata Boga di SMK 8 mengajarkan siswa tentang seni memasak dan manajemen restoran. Siswa akan mempelajari berbagai teknik memasak, tata boga internasional, serta manajemen usaha kuliner. Lulusan jurusan Tata Boga dapat bekerja sebagai koki, chef, atau membuka usaha kuliner sendiri.

6. Multimedia

Jurusan Multimedia menggabungkan elemen desain grafis, desain web, fotografi, dan produksi video. Siswa akan belajar membuat konten media digital yang menarik, manipulasi gambar, pengeditan video, serta pengembangan website. Lulusan jurusan Multimedia dapat bekerja sebagai desainer multimedia, fotografer, editor video, atau web developer.

SMK 8 menawarkan berbagai jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat siswa. Pilihan jurusan di SMK 8 ini memberikan peluang kerja yang baik setelah lulus, serta memberikan kemungkinan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi secara lebih spesifik sesuai jurusan yang dipilih.

Also Read

Bagikan: