Jurusan di SMK 6 Balikpapan

Padma Astuti

SMK 6 Balikpapan merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan di kota Balikpapan yang menyediakan berbagai macam jurusan yang dapat dipilih oleh siswa. Jurusan yang ditawarkan di SMK 6 Balikpapan didesain untuk mempersiapkan siswa dalam memasuki dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seperti perguruan tinggi atau universitas. Berikut adalah beberapa jurusan yang dapat dipilih di SMK 6 Balikpapan:

1. Teknik Elektronika Industri

Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK 6 Balikpapan melatih siswa dalam hal pemasangan, perbaikan, dan pemeliharaan peralatan elektronik industri. Siswa akan mendapatkan pengetahuan tentang prinsip dasar elektronika, kelistrikan, pemrograman mikrokontroler, serta pengoperasian dan perawatan mesin industri. Jurusan ini cocok bagi siswa yang berminat dalam bidang teknik elektronika dan ingin berkarir di industri elektronik.

2. Teknik Kendaraan Ringan

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK 6 Balikpapan mempersiapkan siswa dalam hal perawatan, perbaikan, dan modifikasi kendaraan bermotor roda empat yang ringan, seperti mobil dan motor. Selama di jurusan ini, siswa akan mempelajari dasar-dasar mekanika, sistem kelistrikan kendaraan, sistem rem, sistem suspensi, dan juga teknik pelumasan dan perawatan kendaraan. Jurusan ini sangat cocok bagi siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang otomotif.

3. Teknik Komputer Jaringan

Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK 6 Balikpapan bertujuan untuk melatih siswa dalam hal pengaturan, pemeliharaan, dan troubleshooting jaringan komputer. Siswa akan mempelajari dasar-dasar komputer, instalasi dan konfigurasi jaringan, keamanan jaringan, serta pemrograman dasar. Jurusan ini sangat cocok bagi siswa yang tertarik dengan teknologi informasi dan ingin berkarir di bidang jaringan komputer atau sistem komputer.

BACA JUGA:   Detail Mengenai SDN Johar Baru 01 Pagi

4. Akuntansi

Jurusan Akuntansi di SMK 6 Balikpapan mempersiapkan siswa dalam hal pelaporan keuangan, pengelolaan keuangan, serta administrasi perkantoran. Siswa akan mempelajari dasar-dasar akuntansi, pembukuan, perpajakan, serta penggunaan aplikasi akuntansi komputer. Jurusan ini cocok bagi siswa yang memiliki minat dan kemampuan dalam matematika, serta ingin berkarir di bidang akuntansi atau manajemen keuangan.

5. Tata Busana

Jurusan Tata Busana di SMK 6 Balikpapan melatih siswa dalam hal perancangan, pembuatan, dan penjualan pakaian. Siswa akan mempelajari konsep desain busana, pola dan guntingan, serta teknik menjahit dan pengolahan tekstil. Jurusan ini sangat cocok bagi siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang fashion dan ingin berkarir di industri mode atau desain busana.

6. Teknik Listrik

Jurusan Teknik Listrik di SMK 6 Balikpapan mempersiapkan siswa dalam hal pemasangan, perawatan, dan perbaikan sistem kelistrikan. Siswa akan mempelajari dasar-dasar listrik, instalasi kelistrikan, penggunaan alat ukur listrik, serta perbaikan dan pemeliharaan sistem kelistrikan rumah dan industri. Jurusan ini cocok bagi siswa yang memiliki minat dalam bidang listrik dan ingin berkarir sebagai tenaga ahli listrik.

7. Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin di SMK 6 Balikpapan melatih siswa dalam hal perakitan, perawatan, dan perbaikan mesin-mesin industri. Siswa akan mempelajari dasar-dasar mesin, sistem hidrolik dan pneumatik, gambar teknik, dan teknik permesinan. Jurusan ini cocok bagi siswa yang memiliki minat dan bakat dalam teknik mekanik dan ingin berkarir di bidang industri rekayasa mekanik.

Jadi, SMK 6 Balikpapan menawarkan berbagai macam jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat siswa. Dengan pilihan jurusan yang beragam, siswa dapat memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan karir yang ingin dikejar di masa depan. SMK 6 Balikpapan memiliki fasilitas dan kurikulum yang mendukung siswa dalam mempelajari dan mengembangkan kemampuan di bidang jurusan yang diambil.

Also Read

Bagikan: