Jurusan di SMK 5 Jember

Clara Hassanah

SMK Negeri 5 Jember adalah salah satu sekolah menengah kejuruan di Jember, Jawa Timur. Sekolah ini menyediakan berbagai jurusan yang dapat dipilih oleh para siswa. Berikut adalah beberapa jurusan yang ada di SMK 5 Jember:

1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Jurusan TKJ merupakan salah satu jurusan yang populer di SMK 5 Jember. Jurusan ini fokus pada pengembangan dan pemeliharaan sistem komputer serta jaringan. Siswa-siswa di jurusan ini akan belajar tentang perakitan dan perbaikan komputer, pemrograman, jaringan komputer, keamanan jaringan, serta administrasi server.

2. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Jurusan RPL di SMK 5 Jember menawarkan pendidikan dalam pengembangan perangkat lunak. Siswa-siswa di jurusan ini akan mempelajari pemrograman, basis data, analisis sistem, serta pengujian dan implementasi program. Setelah lulus, mereka siap untuk bekerja sebagai software engineer atau melanjutkan studi di perguruan tinggi.

3. Multimedia

Jurusan multimedia mengajarkan siswa-siswa di SMK 5 Jember tentang desain grafis, pengeditan video, animasi, serta pengembangan aplikasi multimedia. Para siswa akan belajar menggunakan software desain dan editing terkini untuk menghasilkan konten multimedia yang kreatif dan menarik.

4. Akuntansi

Jurusan Akuntansi di SMK 5 Jember menekankan pelatihan dalam bidang akuntansi dan keuangan. Siswa-siswa akan mempelajari dasar-dasar akuntansi, pembukuan, perpajakan, serta analisis laporan keuangan. Jurusan ini memberikan persiapan yang baik bagi siswa yang ingin bekerja sebagai akuntan atau melanjutkan pendidikan di bidang akuntansi.

5. Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Jurusan TKR menawarkan pendidikan dan pelatihan dalam perbaikan dan perawatan kendaraan bermotor. Para siswa akan mempelajari mekanika otomotif, elektronik kendaraan, sistem suspensi, serta teknik perawatan kendaraan. Setelah lulus, mereka dapat bekerja di bengkel atau melanjutkan studi di bidang otomotif.

BACA JUGA:   Menemukan Tempat Les Bahasa Inggris di Semarang

6. Perhotelan

Jurusan perhotelan di SMK 5 Jember mengajarkan siswa-siswa tentang tata boga, tata hidangan, dan manajemen perhotelan. Mereka akan mempelajari keterampilan dalam pengolahan makanan, penyajian, serta pelayanan tamu. Jurusan ini akan melatih mereka untuk bekerja di industri perhotelan seperti hotel, restoran, atau katering.

7. Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP)

Jurusan BDP menawarkan pembelajaran tentang dunia bisnis dengan fokus pada pemasaran di era digital. Para siswa akan mempelajari strategi pemasaran online, manajemen penjualan, analisis pasar, serta pengelolaan bisnis secara umum. Jurusan ini memberikan persiapkan bagi mereka yang ingin bekerja di bidang pemasaran atau bisa juga melanjutkan pendidikan tinggi di bidang bisnis.

Itulah beberapa jurusan yang ditawarkan di SMK 5 Jember. Setiap jurusan memiliki program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan memberikan siswa keterampilan praktis yang dapat digunakan untuk bekerja langsung atau melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Also Read

Bagikan: