Jurusan di SMK 1 Boyolangu

Clara Hassanah

Jurusan yang tersedia di SMK 1 Boyolangu sangat beragam dan mencakup berbagai bidang keahlian. Terdapat beberapa jurusan yang dapat dipilih oleh siswa sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Jurusan TKJ merupakan salah satu jurusan yang populer di SMK 1 Boyolangu. Jurusan ini bertujuan untuk melatih siswa dalam menguasai dan memahami teknologi komputer dan jaringan. Siswa akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merakit, menginstal, mengelola jaringan komputer, serta melakukan pemrograman.

2. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Jurusan RPL merupakan pilihan yang tepat bagi siswa yang tertarik dengan pemrograman dan pengembangan perangkat lunak. Dalam jurusan ini, siswa akan belajar tentang bahasa pemrograman, pengembangan aplikasi, analisis sistem, hingga manajemen database. Jurusan RPL di SMK 1 Boyolangu bertujuan untuk mencetak siswa yang siap bekerja di industri IT.

3. Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Bagi siswa yang tertarik dengan dunia otomotif, jurusan TKR bisa menjadi pilihan yang menarik. Jurusan ini akan mengajarkan siswa tentang pemeliharaan, perbaikan, dan modifikasi kendaraan roda empat. Siswa akan belajar tentang mesin mobil, sistem kelistrikan, serta teknik perbaikan kendaraan ringan.

4. Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro akan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa tentang instalasi dan perawatan sistem listrik. Materi pembelajaran meliputi elektromekanik dasar, instalasi kelistrikan, kontrol motor, dan sistem kelistrikan industri. Jurusan ini mempersiapkan siswa untuk berkarir di bidang teknik elektro dan industri.

BACA JUGA:   SMK 1 Percut Sei Tuan

5. Tataboga

Jurusan Tataboga bertujuan untuk melatih siswa dalam bidang kuliner dan jasa pelayanan makanan. Siswa akan belajar tentang teknik memasak, penyajian makanan, manajemen dapur, dan pelayanan makanan. Jurusan ini cocok bagi siswa yang memiliki minat dan bakat di bidang kuliner dan ingin menjadi koki atau bekerja di industri perhotelan.

6. Akuntansi

Jurusan Akuntansi di SMK 1 Boyolangu akan mengajarkan siswa tentang teknik dan prosedur pembukuan serta penyusunan laporan keuangan. Siswa akan mempelajari dasar-dasar akuntansi, perpajakan, dan perbankan. Jurusan ini mempersiapkan siswa untuk bekerja di bidang keuangan atau melanjutkan pendidikan ke program studi terkait.

7. Multimedia

Jurusan Multimedia merupakan gabungan dari seni dan teknologi. Siswa akan belajar tentang desain grafis, desain web, fotografi, pengeditan video, dan animasi. Jurusan ini mempersiapkan siswa untuk bekerja di industri kreatif seperti perusahaan desain, iklan, studio animasi, atau melanjutkan pendidikan ke bidang desain.

8. Teknik Pengelasan

Jurusan Teknik Pengelasan mempelajari tentang teknik pengelasan logam dan proses produksi. Siswa akan belajar tentang teknik dasar pengelasan, pemilihan material, dan pengoperasian mesin pengelasan. Jurusan ini bertujuan untuk mencetak siswa yang ahli dalam pembuatan dan perbaikan struktur logam.

9. Agribisnis

Jurusan Agribisnis mengajarkan siswa tentang manajemen usahatani, teknik pertanian, agroindustri, serta pemasaran produk pertanian. Siswa akan belajar tentang budidaya tanaman, pemeliharaan ternak, pengolahan hasil pertanian, dan manajemen usaha pertanian.

10. Perbankan

Jurusan Perbankan akan membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang keuangan dan perbankan. Siswa akan belajar tentang produk perbankan, prosedur operasional bank, manajemen risiko, serta pelatihan soft skill dalam pelayanan nasabah.

Dengan berbagai pilihan jurusan yang tersedia di SMK 1 Boyolangu, siswa dapat memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Setiap jurusan memiliki kurikulum yang terstruktur dan dilengkapi dengan praktik kerja di industri terkait. Semoga penjelasan ini dapat membantu siswa dalam menentukan jurusan yang akan dipilih.

Also Read

Bagikan: