Icon Pramuka

Clara Hassanah

Pramuka Logo

Pramuka adalah gerakan pendidikan di Indonesia yang sangat populer dan memiliki banyak pengikut. Salah satu ciri khas dari Gerakan Pramuka adalah adanya sebuah simbol atau ikon yang melambangkan gerakan ini. Ikon Pramuka merupakan simbol yang menggambarkan nilai-nilai dan karakteristik dari Gerakan Pramuka. Simbol ini mengandung makna dan arti mendalam yang menggambarkan semangat pramukaisme.

Ikon resmi Pramuka Indonesia adalah lambang tunas kelapa sawit yang diletakkan di atas pita bendera bertuliskan "Gerakan Pramuka" dengan warna dasar merah. Ikon ini dirancang oleh Raden Mas Soewardi Soerjaningrat alias Ki Hajar Dewantara pada tahun 1922 saat dia menjabat sebagai Kepala Kwarcab Pramuka di Yogyakarta.

Lambang tunas kelapa sawit dipilih karena melambangkan semangat kebangsaan dan kemajuan. Tunas kelapa sawit melambangkan pemuda yang sedang tumbuh dan berkembang, serta siap untuk menghadapi tantangan masa depan. Pita bendera berwarna merah melambangkan semangat keberanian, kecakapan, dan kejujuran yang menjadi karakteristik utama daripada setiap Pramuka.

Selain itu, ada pula Simbol Dasar Pramuka yang terdiri dari tiga elemen utama, yaitu Lilin, Matahari, dan Padi. Elemen-elemen ini menggambarkan tugas dan peran utama Pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Lilin melambangkan cahaya kepanduan yang selalu menerangi jalan, matahari melambangkan kegembiraan, dan padi melambangkan kesejahteraan dan kesuburan.

Ikon Pramuka ini sering digunakan di berbagai atribut dan materi promosi Pramuka, mulai dari seragam Pramuka, kantong tas, hingga bendera Pramuka. Ikon ini tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga diakui secara internasional. Bahkan, Gerakan Pramuka Indonesia merupakan anggota dari Gerakan Pramuka Dunia (World Organization of the Scout Movement / WOSM).

Kehadiran ikon Pramuka ini sangat penting karena membantu dalam membangun identitas dan pengenalan terhadap Gerakan Pramuka. Ikon ini menjadi simbol yang kuat yang menggambarkan semangat dan nilai-nilai yang ada dalam Pramukaisme, seperti keberanian, kerja sama, kepemimpinan, dan loyalitas.

BACA JUGA:   SMK Jurusan Tata Rias

Dalam perkembangannya, Ikon Pramuka tidak hanya terhenti pada lambang tunas kelapa sawit dan Simbol Dasar Pramuka. Banyak Kreator Digital kini mengembangkan berbagai jenis ikon Pramuka yang lebih modern dan representatif. Namun, tetap terjaga nilai-nilai dan identitas dari Pramuka itu sendiri.

Pramuka telah menjadi gerakan yang banyak diikuti oleh para pemuda di Indonesia. Melalui ikon Pramuka, nilai-nilai dan semangat Pramukaisme dapat lebih mudah diterapkan dan dipahami oleh anggota Pramuka dan masyarakat luas.

Sumber:

Also Read

Bagikan: