Hasil Hasil Kebudayaan Abris Sous Roche

Ella Winarsih

Pengertian Abris Sous Roche

Abris Sous Roche adalah istilah dalam bahasa Prancis yang secara harfiah berarti "tempat perlindungan di bawah batu". Istilah ini digunakan dalam arkeologi untuk mengacu pada bentuk tempat perlindungan yang dibuat di bawah luaran alami seperti jembatan batu, sunduk, atau overhang.

Kebudayaan yang Terkait dengan Abris Sous Roche

Abris Sous Roche secara khusus diasosiasikan dengan periode Paleolitikum atau Zaman Batu Tua, ketika manusia purba hidup sekitar 2,6 juta hingga 10.000 tahun yang lalu. Selama periode ini, manusia purba terutama hidup sebagai pemburu dan pengumpul makanan.

Adapun hasil kebudayaan yang ditemukan di bawah keberadaan Abris Sous Roche mencakup:

1. Seni Rupestre

Salah satu hasil kebudayaan yang paling terkenal dari Abris Sous Roche adalah seni rupestre. Manusia purba menggunakan dinding batu yang membentuk atap alami untuk membuat gambar dan lukisan. Lukisan ini menggambarkan berbagai hal, seperti hewan, manusia, atau situasi kehidupan sehari-hari. Seni rupestre ini memberikan wawasan yang berharga tentang kehidupan dan kepercayaan manusia purba.

2. Sisa-sisa Arkeologis

Selain seni rupestre, Abris Sous Roche juga menghasilkan sisa-sisa arkeologis lainnya. Ini termasuk alat-alat batu, seperti kapak dan pisau, yang digunakan oleh manusia purba dalam aktivitas sehari-hari mereka. Sisa-sisa batang dan tulang binatang juga sering ditemukan, memberikan informasi tentang diet dan kehidupan manusia purba.

3. Peninggalan Budaya

Abris Sous Roche juga dapat memberikan wawasan tentang bagaimana manusia purba hidup dan berinteraksi dalam konteks sosial dan budaya mereka. Peninggalan yang ditemukan di situs ini termasuk pecahan keramik, perhiasan, dan artefak lainnya yang mengungkapkan aspek kehidupan dan kebudayaan mereka.

BACA JUGA:   Pengertian Kebudayaan Dongson

4. Bukti Perubahan Peradaban

Tinggalan Abris Sous Roche sebagai hasil kebudayaan juga dapat memberikan bukti tentang perubahan peradaban manusia purba dari masa ke masa. Dengan mempelajari lapisan atau tingkat berbeda di situs ini, arkeolog dapat melacak perkembangan teknologi, perubahan gaya hidup, dan adaptasi sosial yang terjadi seiring waktu.

Kesimpulan

Abris Sous Roche adalah tempat perlindungan di bawah keadaan alami seperti jembatan batu atau overhang yang terkait erat dengan periode Paleolitikum. Hasil kebudayaan yang ditemukan di bawah Abris Sous Roche mencakup seni rupestre, sisa-sisa arkeologis, peninggalan budaya, dan bukti perubahan peradaban. Semua penemuan ini memberikan wawasan yang berharga tentang kehidupan, kepercayaan, dan evolusi manusia purba selama periode Zaman Batu Tua.

Also Read

Bagikan: