Deskripsi SMK Trisakti Gemolong

Victoria Suryatmi

SMK Trisakti Gemolong adalah sebuah sekolah menengah kejuruan yang terletak di Gemolong, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Sekolah ini menyediakan pendidikan dan pelatihan kejuruan bagi siswa untuk mempersiapkan mereka memasuki dunia kerja.

Sejarah Pendirian

SMK Trisakti Gemolong didirikan pada tahun 1995 dengan tujuan memberikan pendidikan yang berkualitas dalam bidang kejuruan. Kehadiran sekolah ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil di daerah Gemolong dan sekitarnya.

Program Kejuruan

SMK Trisakti Gemolong menawarkan berbagai program kejuruan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja saat ini. Beberapa program kejuruan yang tersedia di SMK Trisakti Gemolong antara lain:

1. Teknik Mesin

Program kejuruan ini mengajarkan siswa tentang dasar-dasar teknik mesin, pemeliharaan mesin, dan teknik permesinan. Siswa diajarkan keterampilan seperti pembuatan suku cadang, pengelasan, dan perawatan mesin.

2. Teknik Bangunan

Program kejuruan ini fokus pada pembelajaran konstruksi bangunan, pembangunan rumah, dan perencanaan proyek. Siswa akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang metode konstruksi, pengukuran, dan pemasangan struktur bangunan.

3. Teknik Komputer dan Jaringan

Program kejuruan ini mengajarkan siswa tentang jaringan komputer, pemrograman, dan troubleshooting masalah jaringan. Siswa akan dilatih untuk menjadi tenaga ahli di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

4. Akuntansi

Program kejuruan ini fokus pada pembelajaran akuntansi dasar dan pengelolaan keuangan. Siswa akan belajar tentang pencatatan transaksi keuangan, pembuatan laporan keuangan, dan analisis data keuangan.

Fasilitas dan Sarana

SMK Trisakti Gemolong dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan sarana untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan pelatihan siswa. Beberapa fasilitas yang tersedia di SMK Trisakti Gemolong antara lain:

  • Ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan peralatan pendukung pembelajaran.
  • Laboratorium teknik dengan peralatan dan mesin yang modern.
  • Perpustakaan yang menyediakan berbagai buku dan referensi untuk siswa.
  • Aula serbaguna untuk kegiatan ekstrakurikuler dan acara sekolah lainnya.
  • Area olahraga seperti lapangan basket dan lapangan voli.
  • Kantin yang menyediakan makanan dan minuman untuk siswa.
BACA JUGA:   Pondok Pesantren Dalwa Bangil

Kerjasama dengan Industri

Untuk mempersiapkan siswa agar siap masuk ke dunia kerja, SMK Trisakti Gemolong menjalin kerjasama dengan berbagai industri dan perusahaan di sekitarnya. Kerjasama ini memungkinkan siswa untuk melakukan magang dan praktek kerja di tempat-tempat yang sesuai dengan program kejuruan yang mereka pilih. Selain itu, kerjasama ini juga melibatkan para tenaga kerja profesional yang akan memberikan wawasan dan pengalaman kepada siswa.

Sistem Penilaian

SMK Trisakti Gemolong menggunakan sistem penilaian yang menggabungkan evaluasi akademik dan penilaian praktik kerja. Selain ujian teori, siswa juga menyelesaikan proyek-proyek nyata dan melaksanakan praktik kerja di tempat kerja. Sistem penilaian ini bertujuan untuk menilai kemampuan siswa secara holistik dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi dunia kerja.

Kegiatan Ekstrakurikuler

SMK Trisakti Gemolong juga memiliki berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh siswa. Keikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler ini diharapkan dapat melengkapi pendidikan siswa lebih lanjut dan mengembangkan minat dan bakat mereka di luar kegiatan akademik.

Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia di SMK Trisakti Gemolong antara lain:

  • Klub aneka tari dan seni budaya
  • Klub musik
  • Klub debat
  • Klub olahraga seperti sepak bola, bulu tangkis, dan bola voli
  • Klub bahasa asing

Kesimpulan

SMK Trisakti Gemolong adalah sekolah menengah kejuruan yang memberikan pendidikan dan pelatihan kejuruan kepada siswa. Melalui berbagai program kejuruan, fasilitas yang lengkap, kerjasama dengan industri, sistem penilaian yang komprehensif, dan kegiatan ekstrakurikuler, SMK Trisakti Gemolong berkomitmen untuk mempersiapkan siswa agar siap masuk ke dunia kerja dan menjadi tenaga kerja terampil yang berkualitas.

Also Read

Bagikan: