Contoh Peninggalan Kebudayaan Dongson

Victoria Suryatmi

Peninggalan kebudayaan Dongson merupakan warisan bersejarah yang sangat berharga. Kebudayaan Dongson merupakan peradaban kuno yang muncul di wilayah Asia Tenggara dan berlangsung sekitar 1000 SM hingga 100 SM. Pada masa kejayaannya, Dongson menjadi kekuatan dominan di wilayah tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh peninggalan kebudayaan Dongson yang menjadi petunjuk penting dalam memahami peradaban mereka.

1. Genderang Dongson

Salah satu peninggalan terpenting dari kebudayaan Dongson adalah genderang Dongson. Genderang ini terbuat dari tembaga dengan bentuk bundar dan memiliki ornamen yang indah. Genderang Dongson menggambarkan kemahiran teknik dan kecanggihan dalam proses pembuatan logam pada masa itu. Selain itu, bentuk genderang ini juga mencerminkan kepercayaan dan simbolisme dalam kebudayaan Dongson.

2. Kapak Genggam Dongson

Kapak genggam Dongson adalah jenis kapak batu yang memiliki pegangan yang memungkinkan penggunaannya dengan cara digenggam. Peninggalan ini menunjukkan keahlian dalam pengolahan batu dan juga menunjukkan aktivitas pertanian yang penting dalam kehidupan masyarakat Dongson. Kapak genggam Dongson juga dianggap sebagai simbol status sosial dan kekuatan ekonomi pada masa itu.

3. Kalung dan Perhiasan Dongson

Kalung dan perhiasan Dongson terbuat dari logam, seperti perak dan tembaga, yang dihiasi dengan ornamen yang rumit dan indah. Peninggalan ini menggambarkan kemampuan mereka dalam seni ukir dan juga perkembangan sistem sosial yang kompleks. Kalung dan perhiasan tersebut menjadi bukti adanya perdagangan jarak jauh dan interaksi budaya antara kebudayaan Dongson dengan kebudayaan lain di wilayah Asia Tenggara.

4. Arsitektur Dongson

Peninggalan arsitektur Dongson dapat dilihat dari situs-situs kuno yang masih ada hingga saat ini. Contohnya adalah kuburan Dongson, yang terdiri dari gundukan tanah yang dikelilingi oleh batu-batuan besar. Situs-situs ini memberikan petunjuk tentang tata letak pemukiman, tradisi pemakaman, dan juga sistem kepercayaan agama pada masa itu.

BACA JUGA:   Budaya Non Benda yang Ada di Sumatera Utara

5. Patung Dongson

Patung-patung Dongson terbuat dari batu, keramik, atau logam, dan menggambarkan berbagai figura manusia, hewan, atau dewa/dewi. Peninggalan ini menunjukkan keahlian seni rupa sangat berkembang pada masa Dongson. Patung-patung tersebut juga mengandung makna simbolis dan sering kali menjadi objek pemujaan dalam praktik keagamaan mereka.

Peninggalan-peninggalan kebudayaan Dongson di atas merupakan contoh yang penting untuk mempelajari sejarah dan kebudayaan kuno di Asia Tenggara. Melalui penelitian dan pemahaman tentang peninggalan ini, kita dapat memahami lebih dalam tentang kehidupan, teknologi, seni, agama, dan sistem sosial masyarakat Dongson pada masa lalu.

Also Read

Bagikan: