Contoh Penerapan PKG

Ella Winarsih

Pengertian PKG

PKG (Paket Keahlian) adalah satu unit kompetensi yang terdapat dalam Kurikulum 2013 untuk jenjang pendidikan kejuruan. PKG mengacu pada bidang atau sektor kerja tertentu, dan mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang relevan dengan bidang tersebut. PKG dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Tujuan PKG

Tujuan utama dari PKG adalah melatih siswa dalam mengembangkan dan meningkatkan kompetensi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan tertentu. PKG diarahkan untuk mempersiapkan siswa agar mampu berperan aktif dalam dunia kerja, baik sebagai pegawai maupun pengusaha. Berikut adalah beberapa tujuan dari penerapan PKG:

  1. Meningkatkan pemahaman siswa tentang bidang keahlian yang diminati.
  2. Mengembangkan keterampilan praktek yang diperlukan dalam bidang pekerjaan tersebut.
  3. Menanamkan sikap profesionalisme, seperti disiplin, rasa tanggung jawab, dan etika kerja.
  4. Memperluas wawasan siswa tentang dunia kerja dan peluang karir yang ada.
  5. Menyiapkan siswa untuk dapat berkontribusi langsung di lapangan kerja setelah lulus.

Implementasi PKG dalam Kurikulum 2013

PKG diimplementasikan dalam Kurikulum 2013 melalui berbagai langkah dan proses pembelajaran. Berikut adalah beberapa komponen utama yang terkait dengan penerapan PKG:

  1. Kompetensi Dasar (KD): Setiap PKG memiliki KD yang merujuk pada unit-unit kompetensi yang harus dicapai oleh siswa. KD mengatur dan menggambarkan kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam bidang yang dipelajarinya.
  2. Materi Pembelajaran: Materi pembelajaran disusun berdasarkan KD dalam bentuk modul, buku teks, atau material digital. Materi ini mencakup teori, praktek, kasus studi, atau proyek yang relevan dengan PKG yang dipelajari.
  3. Proses Pembelajaran: Proses pembelajaran dalam PKG dapat berupa pembelajaran tatap muka, workshop, praktikum, magang, atau kombinasi dari beberapa metode tersebut. Tujuan dari proses pembelajaran adalah untuk memfasilitasi siswa dalam mencapai KD yang telah ditetapkan.
  4. Penilaian: Penilaian dalam PKG dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa dalam mencapai KD yang ditetapkan. Penilaian dapat berupa tugas individu, proyek kelompok, ujian praktik, atau portofolio, yang semuanya dikaitkan dengan KD PKG yang relevan.
  5. Kolaborasi Industri: Kurikulum 2013 mendorong kerjasama antara sekolah dengan dunia industri dalam menerapkan PKG. Melalui kolaborasi ini, siswa dapat mengalami pengalaman nyata di dunia kerja dan mendapatkan informasi terkini tentang kebutuhan industri.
BACA JUGA:   Biaya Masuk Pesantren Darul Quran Bogor

Implementasi PKG dalam Kurikulum 2013 ditujukan untuk menciptakan persiapan yang komprehensif bagi siswa agar dapat sukses dalam karir mereka di masa depan. Dengan mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam PKG, diharapkan siswa dapat menghadapi tantangan dunia kerja dengan lebih siap dan percaya diri.

Also Read

Bagikan:

Tags