Contoh Budaya Non Benda yang Tidak Termasuk

Victoria Suryatmi

Dalam kehidupan sehari-hari, budaya non benda merujuk pada nilai-nilai, norma-norma, tradisi, dan praktik yang tidak dapat dilihat atau disentuh secara fisik. Hal ini meliputi bahasa, kepercayaan, adat istiadat, serta pengetahuan yang diwariskan dari generasi ke generasi. Meskipun ada banyak contoh budaya non benda yang ada di berbagai belahan dunia, terdapat juga beberapa contoh yang tidak termasuk di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa contoh budaya non benda yang tidak termasuk:

  1. Pakaian Adat
    Pakaian adat merupakan salah satu bentuk dari budaya benda. Ia berkaitan dengan desain, material, dan dekorasi yang melekat pada suatu kelompok atau komunitas tertentu. Pakaian adat dapat mencerminkan identitas suatu masyarakat dan digunakan dalam berbagai acara kebudayaan seperti pernikahan, festival, atau upacara adat. Namun, karena bisa dilihat dan disentuh secara fisik, maka pakaian adat termasuk dalam budaya benda.

  2. Seni Rupa
    Seni rupa meliputi berbagai bentuk ekspresi artistik seperti lukisan, patung, seni grafis, dan kriya. Karya seni rupa tidak hanya mengandalkan bentuk fisik atau materi, tetapi juga mengkomunikasikan makna, emosi, dan ide-ide yang abstrak melalui visual. Meskipun seni rupa dapat mencerminkan nilai-nilai budaya, namun karena sifat fisiknya yang terlihat dan dapat disentuh, maka seni rupa tidak termasuk dalam budaya non benda.

  3. Arsitektur
    Arsitektur mencakup desain, struktur, dan tata letak bangunan. Selain faktor fungsional, arsitektur juga mencerminkan nilai-nilai budaya dan identitas suatu kelompok masyarakat. Akan tetapi, karena sifat fisiknya yang dapat dilihat dan dirasakan, maka arsitektur termasuk dalam budaya benda.

  4. Jenis Makanan
    Keterkaitan budaya dengan jenis makanan dapat mencerminkan kebiasaan dan tradisi suatu komunitas. Namun, karena makanan dapat dilihat, dirasakan, dan dapat diubah menjadi bentuk fisik, maka jenis makanan ini termasuk dalam budaya benda.

  5. Patung
    Patung adalah sebuah objek tiga dimensi yang diciptakan oleh seniman untuk menggambarkan berbagai makna dan bentuk. Patung memiliki dimensi ruang, tekstur, dan proporsi yang dapat dilihat dan disentuh secara fisik. Karena sifatnya yang benda, patung tidak termasuk dalam budaya non benda.

BACA JUGA:   Budaya Perusahaan Jepang di Indonesia

Jadi, meskipun ada banyak contoh budaya non benda yang ada di dunia, terdapat beberapa contoh yang tidak termasuk, seperti pakaian adat, seni rupa, arsitektur, jenis makanan, dan patung.

Also Read

Bagikan: