Biaya Sekolah Pramugari Garuda

Ella Winarsih

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang pramugari di Garuda Indonesia, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah mengikuti sekolah pramugari yang diakui oleh maskapai. Namun, biaya untuk mengikuti sekolah pramugari dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti lokasi sekolah, durasi program, dan penyedia pelatihan. Artikel ini akan membahas estimasi biaya sekolah pramugari Garuda Indonesia secara detail.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Sekolah Pramugari

  1. Lokasi Sekolah: Biaya sekolah pramugari dapat berbeda antara satu kota dengan kota lainnya. Biasanya, sekolah-sekolah pramugari terkemuka yang terletak di ibu kota atau kota-kota besar, seperti Jakarta atau Surabaya, memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah-sekolah di daerah lain.

  2. Durasi Program: Lama pelatihan pramugari juga akan mempengaruhi biaya sekolah. Program pelatihan pramugari rata-rata berlangsung antara 3 hingga 6 bulan. Ada juga program yang lebih intensif dengan durasi lebih pendek, tetapi biayanya mungkin lebih tinggi.

  3. Penyedia Pelatihan: Garuda Indonesia memiliki beberapa mitra pelatihan resmi yang dapat mengakreditasi sekolah pramugari. Biaya sekolah pramugari di sekolah yang diakui oleh Garuda Indonesia mungkin sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah-sekolah independen lainnya. Namun, sekolah yang terakreditasi oleh Garuda Indonesia memberikan keuntungan tambahan seperti peluang kerja yang lebih baik dan pelatihan yang lebih terfokus pada kebutuhan spesifik maskapai.

Estimasi Biaya Sekolah Pramugari Garuda

Secara umum, biaya sekolah pramugari Garuda Indonesia berkisar antara Rp20 juta hingga Rp50 juta. Angka ini mencakup biaya administrasi, buku-buku pelajaran, seragam, peralatan pelatihan, serta pelatihan teori dan praktikum. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya hidup selama masa pelatihan.

BACA JUGA:   Logo SMK Amaliah

Selain biaya awal, ada juga biaya tambahan yang perlu diperhatikan. Beberapa sekolah pramugari mungkin membebankan biaya tambahan untuk sertifikasi Bahasa Inggris, pemeriksaan fisik, dan biaya ujian teori dan praktik. Pastikan untuk memahami semua biaya yang terkait dengan program pelatihan sebelum mendaftar.

Menyadari bahwa biaya sekolah pramugari Garuda Indonesia bisa menjadi penghalang bagi beberapa calon pramugari, Garuda Indonesia juga menyediakan program beasiswa bagi siswa berprestasi. Beasiswa ini dapat membantu mengurangi beban finansial yang berkaitan dengan biaya sekolah pramugari.

Kesimpulan

Biaya sekolah pramugari Garuda Indonesia bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi sekolah, durasi program, dan penyedia pelatihan. Perkiraan biaya berkisar antara Rp20 juta hingga Rp50 juta. Selalu periksa dengan baik semua biaya yang terkait dengan program pelatihan sebelum mendaftar. Juga, cari tahu mengenai program beasiswa yang tersedia untuk membantu mengurangi beban finansial.

Also Read

Bagikan: