Baitul Arqom Ciparay

Darma Kai

Baitul Arqom Ciparay adalah sebuah masjid yang terletak di Ciparay, Jawa Barat, Indonesia. Masjid ini memiliki sejarah yang kaya dan merupakan salah satu landmark penting di daerah tersebut.

Sejarah

Baitul Arqom Ciparay didirikan pada tahun 1900-an oleh masyarakat setempat. Masjid ini awalnya berdiri sebagai bangunan sederhana yang terbuat dari kayu. Namun, dengan berkembangnya waktu dan keinginan untuk memperluas bangunan, masjid ini kemudian direnovasi dan diperluas menjadi bangunan permanen pada tahun 1970-an.

Arsitektur

Masjid Baitul Arqom Ciparay memiliki arsitektur yang khas dengan gaya tradisional Jawa Barat. Bangunannya terbuat dari batu bata dan memiliki atap yang menjulang tinggi. Fasad masjid ini dihiasi dengan ukiran-ukiran yang indah serta ornamen-ornamen tradisional yang memperkuat identitas budaya lokal.

Di dalam masjid, terdapat ruang utama yang digunakan untuk shalat berjamaah. Lantai masjid juga dilapisi dengan karpet yang indah untuk kenyamanan jamaah. Selain itu, terdapat juga mimbar yang terletak di depan ruang shalat, tempat imam memberikan khutbah pada hari Jumat atau ceramah keagamaan lainnya.

Kegiatan Keagamaan

Baitul Arqom Ciparay menjadi pusat kegiatan keagamaan yang sangat aktif di lingkungan sekitar. Menyelenggarakan shalat lima waktu serta ibadah-ibadah sunnah lainnya, masjid ini juga mampu menampung ribuan jamaah pada momen-momen penting seperti bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, masjid ini juga digunakan sebagai tempat untuk mengadakan pengajian, kajian keagamaan, dan pelatihan-pelatihan agama. Sebagai pusat komunitas muslim di Ciparay, Baitul Arqom Ciparay berperan penting dalam menjaga dan mengembangkan kehidupan beragama masyarakat setempat.

Peran Sosial

Selain kegiatan keagamaan, Baitul Arqom Ciparay juga menyediakan layanan sosial kepada masyarakat sekitar. Dalam upaya membantu warga yang kurang mampu, masjid ini menyelenggarakan program-program seperti pembagian bantuan makanan, santunan kepada anak yatim, dan program-program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA:   Tentang SMK Yapermas

Masjid Baitul Arqom Ciparay juga turut aktif dalam menjalin hubungan dengan komunitas non-muslim di sekitarnya. Melalui dialog dan kerjasama yang harmonis, masjid ini berusaha menciptakan lingkungan yang inklusif dan saling tenggang rasa antarumat beragama.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Baitul Arqom Ciparay adalah sebuah masjid yang memiliki nilai sejarah dan keagamaan yang tinggi. Dengan arsitektur yang indah dan kegiatan keagamaan yang aktif, masjid ini telah menjadi pusat kehidupan keagamaan dan sosial di Ciparay.

Also Read

Bagikan: